• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Rabu, 24 April 2019

    "Kebakaran dan Pencurian Ternak Terjadi di Bejiruyung"

    Foto : Ginanjar for Ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Suasana malam di Desa Bejiruyung Kecamatan Sempor, Senin (22/4/2019) terasa mencekam. Ini setelah sebuah rumah di wilayah tersebut terbakar. Selain itu, terjadi pencurian hewan ternak dan terjadi kecelakaan lalu lintas.

    Beruntung, kejadian tersebut segera diketahui warga yang tengah berjaga di Pos Siskamling. Warga yang ikut regu piket itu lantas segera bertindak. Mereka segera melakukan penanganan secepatnya. Diawali dengan menangkap pencuri hewan ternak, kemudian menangani kebakaran agar api tidak merembet ke rumah warga lain. Selain itu, warga memberikan pertolongan kepada korban kecelakaan. Selanjutnya, mereka berkoordinasi dengan aparat kepolisian.

    Beruntung, kejadian tersebut hanya merupakan simulasi penanganan kebakaran oleh warga dalam rangka lomba Pos Kamling tingkat Jawa Tengah. Hadir pada simulasi kemarin, tim penilai Polda Jawa tengah, Camat Sempor, Kepala Desa Bejiruyung, PJU Polres Kebumen, dan para Kapolsek wilayah rayon barat.

    Kepala Desa Bejiruyung Sofingi mengatakan pihaknya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kegiatan tersebut. Mewakili warga Bejiruyung, Sofingi mengungkapkan kebanggaan desanya mewakili kecamatan Sempor untuk ikut berpartisipasi kegiatan lomba pos kampling tingkat Polda Jateng.

    Sementara, Waka Polres Kebumen Kompol Prayudha Widiatmoko, mengatakan dalam kesempatan lomba itu, tim melakukan pengecekan fisik Pos Kamling, kelengkapan ronda malam, seperti buku tamu, buku kunjungan, tongkat pengamanan, jas hujan, sarana komunikasi, alat pemadam kebakaran, kentongan dan alat lainnya. Pada kesempatan simulasi regu ronda digembleng bagaimana cara mengatasi permasalahan di desanya saat waktu berjaga.


    Tak hanya penanganan kebakaran, pada simulasi yang diperagakan para warga dan polri itu juga tampak seperti nyata. Ada garis polisi dipasang usai kejadian kebakaran dan pencurian. Lebih dramatisnya dengan suasana yang mencekam dengan kepulan asap dari sisa material yang terbakar. "Warga mensimulasikan bagaimana penanganan jika menjumpai pencurian ternak, kebakaran rumah serta jika mendatangi kecelakaan," katanya disela-sela acara.

    Waka Polres menghimbau kepada warga masyarakat, agar lebih giat lagi melakukan pengamanan lingkungan salah satunya dengan melaksanakan kegiatan ronda malam di Poskamling.  "Jangan sampai kegiatan ini dilaksanakan hanya pada waktu akan dinilai atau diikutkan lomba saja, tetapi pelaksanaan kegiatan semacam ini harus dilaksanakan setiap hari dengan penuh kesadaran akan pentingnya keamanan," ungkapnya. (fur/win)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top