• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Selasa, 09 April 2019

    Field Trip, Ratusan Siswa SMAN 1 Kebumen Nginap di Rumah Warga

    Saefur Rohman / Kebumen Ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 350 siswa SMA N 1 Kebumen menggelar Field Trip (menginap di rumah-rumah warga). Kali ini, mereka diajak membaur dengan warga sejumlah desa di Kecamatan Ayah.

    Kepala SMAN 1 Kebumen, Rachmat Priyono, melalui salah satu guru pendamping Tri Suparti mengatakan kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari. Diikuti oleh siswa kelas X, terdiri dari 2 kelas program studi IPS, 7 kelas IPA dan 1 kelas Bahasa. Kegiatan itu merupakan salah satu bagian edukasi belajar secara langsung bermasyarakat.

    Para siswa itu disebar di di 10 desa di Kecamatan Ayah. Yakni, Desa Pasir, Jintung, Srati, Karangduwur, Argopeni, Kalipoh, Kalibangkang, Ayah, Mangunweni, dan Jatijajar.

    "Mereka menginap tersebar di rumah-rumah warga sekaligus memperkenalkan potensi objek wisata. Untuk kegiatan ini kita bentuk posko yang dipusatkan di Goa Petruk," kata Tri Suparti yang juga guru Bimbingan Konseling (BK) SMA N 1 Kebumen, Senin (8/4/2019).

    Selama menjalani field trip, kata Tri Suparnti, para siswa membaur dan menjalani kehidupan masyarakat setempat. Para siswa juga turut membantu mengerjakan pekerjaan rumah, seperti membantu membuat gula jawa, ikut mengambil nira, bertani hingga kegiatan sosial masyarakat seperti kerja bakti. Alih-alih mengeluh, para siswa menikmati aktivitas bersama warga bahkan ada tidak ingin pulang.

    Tri Suparti berharap kegiatan Field Trip tersebut bisa memotivasi para siswa. Sekaligus, menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari saat bersosialisasi dengan msyarakat. (fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top