• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Selasa, 30 April 2019

    Dilantik Jadi Wabup Kebumen, Arif Diminta Kompak dengan Bupati Yazid

    foto saefur/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, diminta segera bekerja selepas dilantik. Mengingat, sejumlah pekerjaan rumah telah menunggu. Seperti kemiskinan dan reformasi birokrasi yang membutuhkan prioritas utama di Kota Beriman.

    Namun demikian, dalam bekerja, Arif diminta tetap menjaga kekompakan dengan Bupati Kebumen, Yazid Mahfudz.

    Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, saat memberikan wejangan usai pelantikan Arif Sugiyanto sebagai Wakil Bupati Kebumen sisa masa jabatan 2016-2021 di Gedung Grhadika Bhakti Praja, Jl Pahlawan no 9  Semarang, Senin (29/4/2019).

    Ganjar mengatakan, peran wakil Bupati bukanlah sekedar "ban serep" bagi Bupati. Namun memiliki tugas dan peran tersendiri, seperti penanggulangan kemiskinan, narkoba, reformasi birokrasi, dan demokrasi. Dari sejumlah sektor itu, Ganjar menekankan pentingnya sektor kemiskinan dan reformasi birokrasi untuk segera ditangani di Kebumen.

    Dengan potensinya yang luar biasa, Kebumen masih tergolong daerah miskin. "PR di Kebumen sangat banyak. Kepada unsur Forkompimda, saya nderek titip Kebumen. Kami minta Pak Bupati dan Wakil Bupati gas pol. Berbagi tugas. Tugas Pak Wakil bukan awak karo sikil. Karena Wakil Bupati punya tugas mengatasi kemiskinan, narkoba, reformasi birokrasi," kata Ganjar.

    Dalam prakteknya, Ganjar mewanti-wanti Bupati dan Wakil Bupati memegang lima pedoman yakni pelayanan yang mudah, murah dan cepat yang bermuara kepada pelayanan prima kepada masyarakat. Dan ke dalam, jajaran reformasi birokrasi harus transparan dan akuntabel. "Mohon lima hal itu menjadi pegangan dalam bertugas," kata Ganjar.

    Selain soal menangani penanggulangan kemiskinan, Ganjar juga menegaskan soal reformasi birokrasi di Kebumen yang dinilai menurun akhir-akhir ini. "Dengan adanya Wakil Bupati, saya berharap ini menjadi momentum untuk bangkit bagi Kebumen," kata Ganjar.

    Namun demikian, Ganjar mengingatkan, Wakil Bupati harus bisa menjalin hubungan harmonis dengan Bupati. "Apapun larinya, bagaimana mengolahnya keputusan akhir tetap di tangan Bupati. Jaga kekompakan dan harmonis, ini penting dalam etika berpolitik," pesan Ganjar.

    Apalagi, Kebumen memiliki banyak potensi baik di wilayah selatan maupun UMKM serta wisata unggulan. Dengan adanya Wakil Bupati, Ganjar berharap potensi tersebut bisa dimaksimalkan.

    Sementara itu, Arif Sugiyanto mengaku akan langsung bekerja. Soal keharmonisan, Arif mengaku sudah berkomunikasi intensif dengan Bupati Yazid. Terkait tugas dan fungsinya sebagai Wakil, Arif mengatakan akan turun langsung ke desa dan kelurahan untuk mengetahui secara langsung situasi di lapangan sekaligus menyelaraskan dengan program Bupati.

    Selain itu, Arif menegaskan akan mengupayakan pelayanan kepada masyarakat sesuai arahan Gubernur yakni mudah, cepat dan murah. Juga, memastikan jajaran birokrasi transparan dan akuntabel."Kalau tidak sesuai kami tidak segan-segan mencoret," tegasnya.

    Di saat yang sama, Arif mengatakan, bakal segera berkoordinasi dengan Kepala Dinas dan OPD pada Kamis mendatang agar program segera dapat direalisasikan.

    Sementara itu, Bupati Yazid Mahfudz tugas pokok wakil bupati sudah jelas diatur undang- undang. Yakni meliputi penanggulangan sektor kemiskinan, pengawasan. "Mas Arif sebagai Wakil bupati untuk menekan angka kemiskinan. Biar nanti berkoordinasi dengan OPD. Dan dengan latar belakangnya di Hukum, Wakil Bupati nanti akan memperkuat di sektor pengawasan," ujar Bupati Yazid.

    Selain dihadiri Bupati, pelantikan Arif Sugiyanto sebagai Wakil Bupati Kebumen kemarin juga dihadiri Sekretaris Daerah Ujang Sugiyono, para Kepala Dinas dan OPD, Kapolres, Dandim serta unsur DPRD. Dalam kesempatan itu, usai pelantikan, para undangan mendapat hiburan dari artis ibu kota Padi.

    Selepas dari Semarang, Arif Sugiyanto juga menggelar syukuran di Kebumen dengan mendatangkan Band kenamaan Wali. Termasuk pesta rakyat dengan menampilkan sejumlah kesenian tradisional di Kebumen. (cah/fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top