HONDA VARIO

  • Berita Terkini

    Sabtu, 27 April 2019

    Dari 348 Desa, Sudah 1.097 Balon Kades Mendaftar


    KEBUMEN(kebumenekspres.com) -Proses pesta demokrasi yakni pemilu 2019 belum usai. Prosesnya masih dalam tahap perhitungan di tingkat kecamatan. Meski demikian beberapa masyarakat di Kebumen telah kembali menyiapkan pesta demokrasi yang selanjutnya yakni Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

    Di Kebumen Pilkades serentak dilaksanakan di 348 desa yang tersebar di 26 Kecamatan di Kebumen. Hingga kini setidaknya telah terdaftar sebanyak 1.097 Bakal Calon (Balon) Kepala desa yang telah mendaftar. Adapun penetapan balon menjadi calon akan dilaksanakan pada 31 Mei mendatang.

    Kepala Diapermades PPPA Frans Haidar melalui Kabid Administrasi, Aparatur dan Kelembagaan Desa Eko Purwanto menyampaikan beberapa desa telah mendapat pendaftaran balon kades sesuai yakni dua sampai lima. Namun ada beberapa desa pula yang pendaftaran balonnya kurang dari dua atau lebih dari lima.

    “Kalau kurang dari dua dilakukan perpanjangan pendaftaran  selama 20 hari  kerja. Yakni 25 April  sampai dengan 23 Mei. Sedangkan setelah dilakukan perpanjangan tetap kurang dari dua, pelaksanaan pilkades di tunda ke gelombang tiga yakni November mendatang,” tuturnya, Jumat (26/4/2019).

    Hingga kini lanjutnya Desa Kuwarisan Kutowinangun masih menduduki peringkat pendaftaran balon kades tertinggi yakni 10 orang. Sementara beberapa desa lainya masih memiliki pendaftaran balon kurang dari dua atau bahkan belum ada yang mendaftar.  Desa Pasir Ayah. Desa Pandanlor Klirong dan Desa Candongcampur Sruweng belum ada yang mendaftar.  “Sedangkan Desa Ranterejo Klirong dan Sempor baru satu balon kades yang mendaftar,” katanya.

    Selain itu terdapat pula desa yang pendaftaran balon lebih dari lima.  Ini seperti Desa Kedungpuji Gombong, Desa Sidoarjo Sruweng, Desa Kaliputih Alian , Desa Gemeksekti Kebumen  dan Desa Tambak Puring memiliki  enam pendaftar. Sedangkan untuk Desa Bumiharjo Klirong, Desa Sidomukti Ambal, Kedungjati Sempor, Trikarso Sruweng dan Muktisari Kebumen masing-masing tujuh pendaftar.

    Untuk Desa Brecong Buluspesantren, Kewangunan Petanahan dan Adiwarno Buayan masing-masing mendapat delapan pendaftar. “Selain desa tersebut pendaftaran yakni dua hingga lima pendaftar. Desa yang memiliki lebih dari lima pendaftar akan melaksanakan seleksi untuk menetapkan lima calon,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top