BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Selasa, 23 April 2019

    Aneka Lomba Semarakkan Kartinian di SMK Batik Sakti 1 Kebumen

    imam/ekspres
    KEBUMEN(kebumenekspres.com) - Di tengah gegap gempita pelaksanaan Pemilu serentak 2019, masyarakat Kabupaten Kebumen masih tetap memeringati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April kemarin. Sejumlah kegiatan pun digelar demi memeringati hari kelahiran pahlawan emansipasi perempuan tersebut.

    Seperti yang dilakukan  SMK Batik Sakti 1 (Basasa) Kebumen. Peringatan kali ini dilaksanakan dengan berbagai kegiatan, mulai dari Kirab budaya hingga foto lomba bertema Kartini. Kirab budaya diikuti oleh sekitar 700 siswa. Ini merupakan kelas 10 dan 11 dari 18 kelas di  SMK Basasa Kebumen.

    Kirab budaya dimulai dari SMK Basasa Kebumen. Dengan berpakaian kebaya para siswa bergerak ke arah Utara melewati Jalan Sarbini. Selanjutnya rombongan bergerak ke Selatan menuju Jalan Pahlawan dan ke Timur Tugu Lawet. Setelah itu bergerak  ke arah Utara dan kembali sekolahan.

    Ketua OSIS SMK Batik Sakti 1 (Basasa) Kebumen Tri Lestari menyampaikan, perempuan masa kini yakni generasi milenial sudah lagi tidak sepeti dulu yang penuh dengan kekangan. Kini perempuan semakin mendapat ruang untuk berkiprah. Bahkan beberapa mampu menduduki posisi jabatan penting. “Itu bagian dari yang dicita-citakan oleh RA Kartini. Perempuan semakin maju. Kita generasi saat ini sudah seharusnya selalu meneladani,” tuturnya.

    Sebagia wujud dari meneruskan perjuangan RA Kartini, lanjutnya, setidaknya perempuan harus meningkatkan kecerdasan. Selain itu juga tanggap dengan kemajuan teknologi dan mandiri.  Dengan mengusai ketiga hal tersebut setidaknya perempuan akan semakin maju. “Dengan kecerdasan akan mampu merespon setiap masalah dan mampu memberikan kontribusi nyata,” ungkapnya.

    Mengusai teknologi menjadi keharusan bagi perempuan saat ini. Sudah menjadi zamannya semua serba digital.  Pemanfaatan internet dengan baik dan positif akan semakin meningkatkan kemampuan perempuan. Selain itu perempuan juga harus mandiri. Sehingga mampu menunjukkan kemampuan diri. “Mayoritas siswa SMK Basasa Kebumen adalah perempuan. Untuk itu kita harus mampu membuktikan bahwa kita bisa,” jelasnya.

    Untuk lomba foto dilaksanakan perkelas. Foto diunggah di Instagram (IG) dengan hastag dan tag @osbasa_kbm. Foto unik dengan caption terbaik tentunya akan menjadi pemenang. Untuk pemgumuman akan dilaksanakan pada Rabu (24/4) mendatang.

    Sementara itu Kepala SMK Basasa Kebumen Drs M Rosidi menyampaikan  semangat RA Kartini harus dapat menjadi inspirasi bagi para siswa. Pihaknya berharap dari SMK Basasa Kebumen akan lahir Kartini-Kartini Milenial. “Kami mendukung penuh setiap kegiatan siswa yang positif. Teruslah berkembang dan maju seiring perkembangan zaman,”ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top