HONDA VARIO

  • Berita Terkini

    Rabu, 24 April 2019

    700 Polisi Amankan Rapat PPK di Kebumen

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Kepolisian Resor Kebumen mengerahkan setidaknya 700 personil. Ini untuk mengamankan jalannya rapat pleno rekapitulasi penghitungan Pemilihan Umum Presiden dan Legislatif tingkat Desa (PPS) yang dilaksanakan di tiap-tiap kecamatan (PPK).

    Pengamanan dimaksudkan untuk memberikan jaminan keamanan kepada para perangkat Pemilu. Selain itu, pengamanan bertujuan untuk meminimalisir kemungkinan-kemungkinan terjadinya kerawanan yang bisa muncul saat tahap penghitungan suara.

    Bukan hanya soal pengamanan saja, tim kesehatan dari Polres Kebumen juga melaksanakan pemeriksaan secara intensif. Ini guna memastikan kesehatan para petugas terjaga dengan baik. Banyaknya tugas yang mendera berbarengan dengan tingginya intensitas dapat menggangu kesehatan para petugas.

    Kapolres Kebumen AKBP Robertho Pardede melalui Kasubbag Humas AKP Suparno menyampaikan sebanyak 566 personil disebar di seluruh Kecamatan. Sedangkan lainya merupakan Satgas dan perangkat Posko di Mapolres. "Sejak Kamis (18/4) lalu, seluruh Personil yang ditugaskan untuk pengamanan TPS, langsung digeser ke PPK. Ini untuk mengamankan jalan nya rapat pleno penghitungan suara tingkat desa (PPS) yang dilaksanakan di masing-masing PPK,” tuturnya, Selasa (23/4/2019).

    Pengamanan yang dilakukan, lanjut AKP Suparno, meliputi proses rekapitulasi penghitungan suara. Ini akan terus dilaksanakan sampai dengan rapat pleno tingkat PPK mendatang. Jumlah personilnya akan dikurangi sesuai tingkat kerawanan masing-masing wilayah kecamatan.

    Pihaknya berharap seluruh proses tahapan Pemilu 2019 diwilayah Kabupaten Kebumen dapat berjalan lancar dan aman. Situasi kondusif tidak mungkin tercapai tanpa peran serta seluruh lapisan masyarakat. Selain itu juga dukungan dari Instansi lainnya. “Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan seluruh pihak yang telah membantu Polri bersama-sama menjaga stabilitas situasi kamtibmas di Kebumen. Semoga berkelanjutnya sampai akhir tahapan Pemilu mendatang,” paparnya.

    Terkait dengan pemeriksaan kesehatan, AKP Suparno menyampaikan ini dilaksanakan oleh Tim Dokkes Polres Kebumen Aiptu Agus Sunani. Pengecekan dan pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan guna memastikan kesehatan petugas pengamanan kotak suara dan rekapitulasi perhitungan suara di PPK. Khususnya PPK yang jauh dari kota.  Pemeriksaan dilakukan terhadap anggota yang bertugas baik dari Polri maupun TNI serta petugas pendukung pengamanan lainnya. “Pemeriksaan dilakukan untuk mengecek kondisi fisik personil serta mengetahui apabila ada keluhan terkait kesehatan personil yang melaksanakan tugas di PPK selama proses pengamanan,” jelasnya.

    Bukan hanya pemeriksaan saja, tim kesehatan juga mendidistribusikan vitamin. Ini agar kondisi personil pengamanan tetap terjaga. Dengan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan, harapannya para petugas pengamanan selalu dalam kondisi sehat sehingga bisa melaksaakan tugas secara maksimal selama pengamanan di PPK hingga kotak suara bergeser ke KPU Kebumen. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top