BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Senin, 01 April 2019

    1.270 Siswa SD/MI Ikuti Try Out USBN Spemuda Kebumen

    ISTIMEWA
    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-SMP Muhammadiyah 2 Kebumen (Spemuda), Minggu (31/3/2019), dibanjiri siswa SD/MI. Mereka mengikuti uji coba (try out) Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Sebanyak 1.270 siswa SD/MI terlihat antusias mempersiapkan USBN yang akan dilaksanakan 22-24 April 2019 mendatang. Adapun mata pelajaran yang diujicobakan yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.

    Kepala SMP Muhammadiyah 2 Kebumen Imam Romzan Fauzi SthI menyampaikan kegiatan try out merupakan wujud kepedulian Spemuda Kebumen.  Ini sebagai salah satu pilar pendidikan di kabupaten berslogan Beriman. Try out dilaksanakan gratis untuk pera siswa. "Soal try out disusun bekerjasama dengan penulis soal asal Kebumen,” tuturnya.

    Penulis tersebut yakni  Widyastuti SPd untuk  Bahasa Indonesia. Widi Riani MPd untuk Matematika dan Puji Raharjo SPd  untuk mapel IPA. Soal berdasarkan standar kompetensi lulusan dan kisi-kisi USBN. Lebih lanjut Imam Romzan mengatakan, try out sangat penting. Bermanfaat bagi siswa juga untuk guru mata pelajaran. Bermanfaat juga untuk pimpinan sekolah maupun orang tua siswa.

    “Dengan mengikuti try out, siswa lebih banyak mengerjakan soal-soal ketimbang membaca dan mempelajari materi pelajaran. Siswa akan semakin siap untuk menghadapi Ujian Sekolah yang akan datang,” katanya.

    Dijelaskan Imam, hasil yang diperoleh siswa akan menjadi bahan pertimbangan. Ini untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran berikutnya. Selain itu juga dapat digunakan untuk mengambil tindakan dalam mengadakan program belajar  tambahan.

    Hasil try out pun menjadi pertimbangan untuk memfokuskan kegiatan belajar siswa. “Bagi pimpinan sekolah, try out bermanfaat untuk mengetahui peta kemampuan siswa secara keseluruhan di sekolah. Kemudian dibandingkan dengan sekolah tetangga di tingkat kecamatan maupun di tingkat kabupaten,” paparnya.

    Try out lanjutnya, juga bermanfaat untuk dijadikan pertimbangan dalam membantu anak belajar di rumah. Jika hasil try out yang diperoleh tidak memuaskan, akan menjadi pendorong bagi siswa untuk kembali belajar.

    Jika hasil yang diperoleh belum memuaskan, orang tua dapat mengambil tindakan atau strategi dalm membimbing anak di rumah.

    “Pelaksanaan tryout yang diikuti oleh 54 SD/MI yang terdiri atas 1.270 dari Kecamatan Kebumen, Alian, Buluspesantren, Sruweng, Klirong dan Pejagoan. Ini try out yang ke 6 kalinya. Tidak hanya mengerjakan soal try out , panitia juga mengadakan pembahasan soal. Ini bersama para peserta setelah tryout selesai,” katanya.

    Imam menambahkan, dengan sistem pengawasan yang memadai, diharapkan hasil try out yang diraih siswa benar-benar akurat. Ini akan memudahkan semua pihak  mengambil sikap dan langkah selanjutnya dalam mempersiapkan ujian sekolah.

    Adapun lima besar peraih nilai terbaik try out USBN yakni Heksa Pramudya Cahya dari SDN 1 Kebumen mendapat peringkat 1. Peringkat 2 Achmad Ismaila dari SDN Muktisari dan peringkat 3 Khairunnisa Ummu Najlia dari SDN 4 Bumirejo. Selanjutnya, peringkat 4 Risma Dewi Muliyani dari SDN Tanjungsari dan peringkat 5 Zahra Farrahdila dari SDN 4 Kutosari. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top