• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Selasa, 12 Maret 2019

    Waspada, Cuaca Ekstrim Masih Mengancam Kebumen

    Saefur Rohman / Kebumen Ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Dalam beberapa hari ke depan, warga masyarakat Kota Beriman diminta waspada terhadap terjadinya cuaca ekstrem. Apalagi, dalam beberapa hari terakhir, hujan deras kerap turun disertai angin kencang. Bagi sejumlah masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana diminta untuk meningkatkan kewaspadaan.

    Bako Humas BPBD Kebumen, Heri Purwoto, Senin (11/3/2019), mengatakan saat ini cuaca ekstrim masih sering terjadi. Hal itu dikarenakan curah hujan masih tinggi di pulau jawa. Pantauan Pusdalops BPBD Kabupaten Kebumen,   fenomena awan tebal dan diakhiri dengan hujan deras beserta angin, sudah terjadi sejak Minggu-Senin (10-11/3).

    Itu artinya, ada potensi bencana seperti banjir maupun puting beliung. Oleh karena itu, warga di daerah rawan bencana diminta waspada dengan selalu berusaha memantau debit air sungai. Sementara di wilayah rawan longsor warga diminta untuk memantau jika terjadi retakan tanah.

    Heri Purwoto juga meminta warga masyarakat untuk waspada pada pohon yang tinggi di area pemukiman penduduk. Karena hal itu sangat berpotensi terjadinya pohon tumbang.

    Jika terjadi bencana, Heri meminta, warga segera berkoordinasi dengan pihak desa, melaporkan ke BPBD atau organisasi relawan yang ada di Kabupaten Kebumen.

    Adanya fenomena hujan deras disertai angin sudah dirasakan warga dalam dua hari terakhir. Fenomena awan tebal hitam yang menyelimuti langit kebumen kemudian  diikuti suara gemuruh dan petir membuat warga cukup khawatir.

    "Sejak minggu kemarin awan tebal terjadi, melihatnya serem dan mencekam banget," kata Sari Rahayu (28) salah satu warga Desa Kutosari Kecamatan Kebumen, kepada Ekspres kemarin sore. (fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top