• Berita Terkini

    HONDA SPORT 2019 30 Juni

    Sabtu, 23 Maret 2019

    Semaraknya Market Day di TKIT Darussunnah Kebumen

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sebaik-baik pekerjaan adalah berdagang. Ini menjadi salah satu alasan Taman Kanak-kanak Islam Terpada (TKIT) Darussunnah Kebumen menggelar kegiatan Market Day. Dimana pada kegiatan tersebut para siswa melakukan perdagangan dengan produk yang dibikin oleh orang tuanya. Kegiatan itu pun berlangsung meriah, Jumat (22/3/2019).

    Perdagangan atau perniagaan menjadi sebaik-baiknya pekerjaan. Ini merujuk pada Hadist Shahih yang diriwayatkan oleh Thabrani dalam Al Mu’jam Kabir. Hadist tersebut berbunyi dari Ibnu Umar ia berkata  “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya, “Pekerjaan apakah yang paling utama?” Beliau menjawab, “Pekerjaan seseorang dengan tangannya sendiri dan semua perniagaan yang baik”.

    Kepala TKIT Darussunnah Kebumen Utami Puji Astuti SPd menyampaikan sebaik-baik pekerjaan adalah pedagang. Hal ini tentunya perdagangan yang dilakukan dengan jujur dan amanah sesuai dengan Syariat Islam. Untuk itu acara Maket Day diharapkan menginspirasi para siswa untuk berusaha sesuai dengan Syariat Islam dan menjadi seorang entrepreneur. Para siswa juga menjadi tahu cara transaksi dan apa fungsi uang. “Ini bentuk pembelajaran langsung. Selain itu kegiatan juga melibatkan para orang tua siswa. Sehingga orang tua turut serta dalam melakukan pembelajaran kepada anakanya,” tuturnya.

    Adapun beberapa dagangan yang disajikan meliputi jasuke, sempol udang
    , telor rebus, bubur kacang ijo, bola- bola coklat
     dan mie goreng serta jamur krispi. Selain itu nasi kuning, Klepon, Es pelangi, Bakpao, sosis bakar dan es krim susu
     serta lainnya.

    Dijelaskannya Market Day dilaksanakan dengan membentuk empat kelompok. Setiap kelompok akan menjual barang dagangan yang dibuat oleh orang tuanya. Disisi lain para siswa juga diberi uang saku sebesar Rp 5 ribu untuk membeli dagangan pada kelompok lain. “Untuk dagangan berupa makanan harus sehat dan bergizi. Selain itu harganya dapat dijangkau oleh para siswa,” paparnya.

    Menurut Utami, Maket Day adalah sebuah kegiatan untuk mengenalkan kepada anak sejak usia dini tentang bagaimana cara berdagang,  bertransaksi dan berjual beli sesuai Syariat Islam. Dalam sejarahnya junjungan kaum Muslim sendiri juga merupakan seorang pedagang yang jujur dan amanah.

    “Kita pasti tau sejarah Nabi kita Muhammad SAW beliau adalah seorang pedagang yang jujur dan amanah. Dan kita mungkin ingat bagaimana salah satu sahabat Rasululloh yang dijamin masuk surga yang juga seorang pedagang yakni Abdurrahman bin Auf. Selain itu kita juga diingatkan oleh salah satu dari istri Nabi Muhammad SAW yang juga dijamin masuk surga yang juga seorang pedagang yaitu Khadijah,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top