• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Selasa, 12 Maret 2019

    Puluhan Siswa Ikuti Lomba Baca Cerita di Perpusda

    Saefur Rohman / Kebumen Ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 25 peserta mengikuti lomba baca cerita di halaman Perpusda, Senin (11/3/2019). Para peserta yang terdiri dari siswa SD dan MI perwakilan dari 26 kecamatan se Kabupaten Kebumen itupun berlomba memikat perhatian dewan juri.

    Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Kebumen, Dra Hj Rohmah Hidayati, dalam sabutannya, mengatakan kegiatan lomba itu sebagai satu upaya pengembangan dan membudayakan gemar membaca dan menulis di kalangan anak - anak. Muaranya, akan tumbuh kecintaan anak-anak terhadap budaya daerah.
    "Selain itu, kelak mereka lebih banyak mengetahui budaya dan cerita daerah baik lokal maupun nasional, sehingga mereka mampu meningkatkan moral dan intelektual serta mengasah ketrampilan dengan baik," katanya didampingi Kepala Bidang Perpusda Kebumen, Dra Seha Rahayu MM.

    Lebih lanjut Rohmah Hidayati, menambahkan  pembudayaan kegemaran membaca perlu ditanamkan pada anak - anak sedini mungkin. Hal itu tak lain untuk mengasah intelektual.

    Namun demikian, tetap harus ada peran serta orang tua dan masyarakat. Dan terpenting, dilakukan secara berkelanjutan. "Peran ini tidak cukup oleh guru atau komunitas di sekolah saja, tentunya harus didukung oleh peran orang tua, masyarakat, dan pemerintah yang peduli dengan membudayakan membaca," ungkapnya.

    Adapun para juara lomba membaca cerita masing-masing, juara 1 diraih oleh Noval Syarif M asal Siswa SD N 3 Dorowati Kecamatan Klirong dengan skor nilai 268, juara 2 diraih oleh Arsya Putra Bintang P asal SD N 1 Kebumen dengan skor nilai 264, dan juara 3 diraih oleh Alda Alif Via asal SD N 2 Kalijaya Kecamatan Alian dengan skor 262. Atas prestasinya, para juara ini mendapatkan trofi dan uang pembinaan.

    "Siswa yang juara nantinya akan kami bina dan latih untuk mewakili Kabupaten Kebumen mengikuti lomba bercerita di tingkat Provinsi," imbuh Seha Rahayu.
    Seha Rahayu menambahkan, Perpusda terus berupaya mengembangkan dan menyosialisasikan gerakan literasi atau gemar membaca kepada seluruh masyarakat. Baik dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. "Bahkan saat ini dalam setiap hari Perpusda Kebumen mendapat kunjungan minimal 2 sekolah secara bergantian se Kabupaten Kebumen," katanya. (fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top