HONDA BEAT

  • Berita Terkini

    Jumat, 01 Maret 2019

    Parpol Pengusung Serahkan Nama Cawabup kepada Bupati Yazid

    fotocahyo/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Setelah sempat tertunda, partai politik (parpol) pengusung, akhirnya menyerahkan nama bakal calon wakil bupati (Bacawabup) Kebumen. Penyerahan dilakukan Jumat (1/3/2019).

    Pantauan koran ini, empat pimpinan Parpol pengusung datang ke Pendopo rumah dinas Wakil Bupati, sekitar pukul 14.00 WIB. Tampak saat itu, Ketua DPC Partai Gerindra Kebumen, Agung Prabowo, Ketua DPC Demokrat Joko Budi Sulistyanto, Sekretaris DPD PAN Kebumen, Gito Prasetyo mewakili Ketua DPD PAN Bagus Setyawan dan Miftahul Ulum mewakili Ketua DPC PKB, Zaeni Miftah.

    Rombongan diterima Bupati Kebumen, Yazid Mahfudz di rumah dinas Bupati. Turut mendampingi Bupati Yazid, Sekretaris Daerah (Sekda) Kebumen, Ujang Sugiono. Sejumlah asisten bupati serta dari bagian hukum serta bagian tata pemerintahan turut hadir pada kesempatan itu.

    Joko Budi Sulistyanto mewakili partai pengusung, mengatakan, penyerahan nama ini setelah penggodokan di tingkat partai tuntas. Mereka mengaku sudah menyepakati nama yang bakal diajukan sebagai bacawabup yang bakal diajukan kepada Bupati Yazid.

    Selain itu, mereka juga sudah mengonsultasikannya dengan Bagian Otonomi Daerah (Otda) Pemprov Jawa Tengah.  "Ada dua nama yang disepakati dan hari ini kita serahkan kepada Bupati untuk ditindaklanjuti," katanya seraya menghindar menyebut nama yang diserahkan.

    Sementara itu, Bupati Kebumen, Yazid Mahfudz menyampaikan, pihaknya segera melakukan langkah yang diperlukan terkait penyerahan nama itu. Dalam hal ini, Pemkab atau pihak eksekutif membentuk Tim Verifikasi yang bakal memeriksa kelengkapan berkas bacawabup yang telah diserahkan oleh partai pengusung.

    "Hari ini juga, SK pembentukan Tim Verifikasi sudah kami tandatangani. Mudah-mudahan Rabu minggu depan, tim verifikasi sudah bisa melaporkan hasilnya. Bagi saya, lebih cepat lebih baik," katanya.

    Adapun tahapan pengisian Wabup, seperti disampaikan Sekda Ujang Sugiono, tim verfikasi akan memeriksa berkas persyaratan terhadap nama-nama yang sudah diajukan partai pengusung. Hasilnya, akan dilaporkan kepada Bupati Kebumen.

    Oleh Bupati, dua nama akan diajukan kepada DPRD Kebumen yang selanjutnya membentuk panitia khusus (pansus) tata cara pemilihan Wabup.

    Seperti diketahui, posisi Wakil Bupati Kebumen saat ini kosong, menyusul dilantiknya Wakil Bupati Yazid Mahfudz sebagai Bupati Kebumen per 1 Februari 2019 lalu. Dilantiknya Yazid, karena Bupati kebumen sebelumnya, Mohammad Yahya Fuad, tersandung perkara dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

    Dalam proses pengisian Wabup, melibatkan partai pengusung yakni Gerindra, PKB, PAN, dan Demokrat. Ini lantaran pasangan Mohammad Yahya Fuad-Yazid Mahfudz terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kebumen periode 2016-2021 diusung oleh keempat partai tersebut. (cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top