HONDA BEAT

  • Berita Terkini

    Sabtu, 23 Maret 2019

    Kalender Kampanye Capres Berlogo Pemkab Kebumen Beredar

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Pelaksanaan pemilu tinggal sebentar lagi tepatnya pada 17 April 2019 mendatang. Berbagai poster dan kalender serta barang-barang bergambar calon presiden maupun caleg  telah banyak beredar.

    Salah satunya gambar kalender yang bergambarkan pasangan Capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Yang kemudian menjadi soal, kalender tersebut terdapat logo Pemkab Kebumen. Logo itu terpasang pada sisi kiri atas kalender yang berisikan kampanye pasangan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

    Pantauan koran ini, kalender bergambar Prabowo-Sandi berlogo Pemkab Kebumen tersebut baru menyebar melalui media aplikasi whatsapp. Meski begitu, Bupati Kebumen, KH Yazid Mahfudz sepertinya gerah dengan adanya hal tersebut.

    Bupati Kebumen H Yazid Mahfudz meminta kepada pemasang logo untuk menghapusnya atau menarik peredaran kalender itu. “Mohon kepada pihak yang mencatumkan logo Pemda untuk menghapus atau menarik kalender seperti ini," tuturnya saat dikonfirmasi, melalui whatsapp, Jumat (22/3/2019).

    Saat disinggung mengenai adanya pencatutan logo Pemkab Kebumen, Yazid membenarkannya. Hingga kini bupati sendiri Yazid pun tidak mengetahui siapa yang membuat kalender tersebut. Disisi lain, pihaknya juga telah menyampaikan adanya kalender tersebut ke Bawaslu Kebumen. "Iya, sudah saya sampaikan ke Bawaslu," imbuhnya.
    Adanya kalender bergambar pasangan Capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tersebut ternyata tidak hanya beredar di Kebumen saja. Pasalnya terdapat juga kalender serupa dengan mencamtumkan logo Pemkab kabupaten lain.

    Terpisah, Ketua Bawaslu Kebumen Arif Supriyanto SSos membenarkan instansinya mendapatkan informasi adanya peredaran kalender itu. Kendati demikian, pihaknya belum dapat menentukan langkah-langkah yang akan diambil.

    Hal ini lantaran pihaknya sendiri belum mendapatkan secara fisik kalender itu. Namun demikian, Bawaslu jajaran hingga tingkat desa telah diinstruksikan untuk menelusuri kalender tersebut.

    “Kami sudah melakukan penelusuran terkait kalender itu. Kami belum bisa menentukan langkah selanjutnya. Karena informasi yang saya terima juga terjadi hal serupa di kabupaten lain," jelasnya.

    Sementara itu, Ketua Koalisi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi Kebumen, Agung Prabowo menegaskan pihaknya tidak pernah mencetak kalender berlogo Pemkab Kebumen.

    Sejauh ini APK yang dibuatnya dibuatnya tidak pernah mencantumkan logo Pemkab. Pihaknya juga meminta kepada Bawaslu untuk menindaklanjuti adanya kalender tersebut. “Secara materil belum ada kerugian. Tetapi yang jelas kami tidak pernah membuat kalender berlogo Pemkab Kebumen," ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top