HONDA VARIO

  • Berita Terkini

    Minggu, 17 Maret 2019

    Cuaca Ekstrem Picu Bencana, Sejumlah Rumah di Kebumen Rusak

    ilustrasi
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Hujan deras yang terjadi dalam dua hari terakhir mengakibatkan bencana di sejumlah wilayah kabupaten Kebumen. Tidak ada laporan jiwa sejauh ini, namun sejumlah rumah dilaporkan rusak.

    Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen, Salam SH, menyampaikan,  hujan deras disertai angin kencang terjadi Sabtu dini hari dan Minggu (16-17/3/2019). Akibatnya, sejumlah pohon tumbang, menimpa jalan dan rumah penduduk.

    BPBD mencatat, tiga rumah rusak akibat tertimpa pohon tumbang. Masing-masing rumah milik Slamet Raharjo warga Desa Harjodowo Kecamatan Kuwarasan, Saringun dan Pariyah warga Desa Aditirto Kecamatan Pejagoan.

    Selain itu, pohon tumbang juga menimpa jalan jalur utama di Kecamatn Sruweng. Pada kejadian yang terjadi Sabtu itu, sebuah pohon mahoni setinggi 12 meter dengan diamter 1,3 meter tumbang di jalan sehingga menimbulkan kemacetan.

    Selain pohon tumbang, hujan deras juga memicu terjadinya longsor dan merusak rumah warga. Sebuah tebing setinggi 12 meter dengan panjang 12 meter menimpa rumah Karno warga Desa Rangkah Kecamatan Buayan, Sabtu (16/3). Beruntung, pemilik rumah selamat dalam peristiwa inii.

    Kejadian serupa juga terjadi pada Minggu (17/3). Kali ini, rumah Sumardi warga Desa Plarangan Kecamatan Karanganyar rusak setelah longsor menerjang rumahnya. Akibat longsor, tembok rumah Sumardi jebol dengan panjang 5 meter dan lebar 3 meter. Selain itu, sejumlah barang miliknya rusak. Tidak ada korban dalam kejadian ini, hanya pemilik rumah terpaksa mengungsi ke rumah tetangga.

    Saat ini, BPBD Kebumen terus melakukan pendataan dan mengupayakan penyaluran bantuan bagi para korban bencana. Di saat yang sama, Salam yang didampingi Bako Humas BPBD, Heri Purwoto menghimbau agar warga senantiasa waspada. Mengingat, cuaca tak menentu masih terjadi di Kebumen.

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top