BPJS

BPJS

Job Fair 2019

  • Berita Terkini

    HONDA CBR 150

    Selasa, 12 Maret 2019

    Bersih-bersih JWA, Gesnawi Ajak Masyarakat Peduli Sampah

    Saefur Rohman / Kebumen Ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Komunitas Generasi Sadar Wisata (Gesnawi) terus berupaya mengedukasi dan mengajak masyarakat Kabupaten Kebumen untuk peduli sampah. Salah satunya dengan menggelar baksi sosial di obyek wisata Jembangan Wisata Alam, Minggu (10/3/2019).

    Sebanyak 14 anggota Gesnawi ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Merekapun bahu membahu memunguti sampah plastik yang berserakan dan mengganggu keindahan obwis yang biasa disebut JWA tersebut.

    Ketua Komunitas Generasi Sadar Wisata (Gesnawi),  Ahmad Durori, mengatakan gerakan pungut sampah plastik ini merupakan agenda rutin. Berawal dari minimnya kepedulian masyarakat Kabupaten Kebumen akan sampah di objek wisata.

    "Ini merupakan agenda ke 8, kali ini kami melakukan aksi pungut sampah plastik dan kertas di lokasi wisata Jembangan di Kecamatan Poncowarno," katanya yang didampingi Wakil Ketua Gesnawi, Eko Pancall.

    Eko Pancall menjelaskan, Komunitas Gesnawi yang beranggotakan anak-anak muda usia pelajar tingkat SMK, SMA hingga perguruan tinggi ini pertama kali dibentuk pada tanggal 8 Agustus 2018 lalu.  "Meski anggota kami belum banyak kami berharap banyak masyarakat tergugah untuk peduli kebersihan dan sampah," kata pria yang aktif di relawan PMI Kebumen tersebut.

    Sebanyak 6 kantong pastik besar terkumpul dalam kegiatan kemarin. Sampah berupa plastik tersebut kemudian dipilah untuk kemudian didaur ulang. "Dari hasil pungutan, kita baru pilah sampah botol plastik. Biasanya kami jual untuk pemasukan kas yang rencananya akan kami gunakan untuk membuka bank sampah," kata Eko.

    Eko berharap kegiatan serupa tidak hanya dilakukan oleh komunitasnya saja. Namun juga diikuti oleh seluruh masyarakat Kebumen. (fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top