• Berita Terkini

    Jumat, 29 Maret 2019

    Anak-Anak Juga Berhak Mengenakan Helm

    fotopolreskebumen
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Fungsi helm sangat penting bagi pengendara, khususnya sepeda motor. Tak hanya bagi orang dewasa, helm juga penting bagi anak-anak. Sayangnya, tak semua masyarakat menyadari pentingnya helm bagi anak-anak mereka.

    Belum lagi, masih ada sebagian warga masyarakat yang belum mengenakan helm dengan benar.

    Pentingnya helm berikut cara memakainya dengan benar itulah ditekankan saat  Polres Kebumen menerima tamu istimewa 402 murid TK dan Paud yang mengikuti program "Polisi Sahabat Anak", di Mapolres Kebumen, Kamis (28/03). Dalam kegiatan ini, peserta ditekankan pentingnya helm sejak dini.



    Para murid diajarkan memasang tali pengaman pada helm hingga berbunyi "klik".

    "Ilmu ini sangat bermanfaat sekali. "Meski sepele, penggunaan helm dengan benar, dapat melindungi dari fatalitas kecelakaan Lalulintas," jelas Kapolres Kebumen AKBP Robert Pardede melalui Kasubbag Humas Polres Kebumen AKP Suparno.



    Para murid juga diajarkan, jika tali yang mengaitkan ke dagunya kurang kencang (saat mengenakan helm), untuk memberitahukan kepada orangtuanya untuk dipasang secara pas.



    "Sebetulnya bukan hanya para orang dewasa saja yang wajib mengenakan helm. Anak-anak juga berhak mendapatkan keamanan jiwanya saat berkendara," ungkapnya.


    Lanjut AKP Suparno, selain menjadi peraturan, menggunakan helm SNI merupakan kepentingan seluruh pengendara untuk mendapatkan keamanan saat berkendara.

    Selain mendapat materi tentang menggunakan helm dengan benar, ratusan murid tersebut juga diajak bermain dan bernyanyi bersama.



    Program "Polisi Sahabat Anak" adalah program unggulan Polres Kebumen. Kegiatan tersebut digelar agar para anak-anak dapat lebih dekat dengan polisi, dan menjadikan polisi sebagai sahabatnya.



    Dalam kesempatan itu pula, anak-anak diberikan kesempatan berkeliling di Mapolres Kebumen melihat secara dekat tugas polisi dan dikenalkan kendaraan dinas polisi yang biasa digunakan untuk patroli.



    Salah satu murid TK IT Azzahra Kecamatan Karanganyar, Naura Nadhifa Fauzhara (6) mengaku senang bisa bermain dan belajar di Polres Kebumen.

    Ia bersama dengan teman-temannya mendapatkan kesempatan mengikuti program polisi sahabat anak, kemarin.

    Sementara, Kanit Dikyasa Ipda Junaedi Adil  mengatakan, TK dan Paud dari manapun boleh mengikuti program "Polisi Sahabat Anak".

    Para calon sekolah yang akan mengikuti program "Polisi Sahabat Anak" mengajukan surat permohonan kepada Sat Lantas Polres Kebumen untuk mengikuti program tersebut.

    "Seluruh TK dan Paud diperbolehkan untuk ikut di program ini. Bisa mengajukan surat permohonan ke Sat Lantas Polres Kebumen. Nanti akan kita undang," katanya.
    (win/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top