HONDA BEAT

  • Berita Terkini

    Rabu, 27 Maret 2019

    Amelia Minta Santri Pondok Al Hasani Hindari Pernikahan Dini

    Saefur Rohman / Kebumen Ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- BKKBN Provinsi Jawa Tengah dengan menggandeng Anggota Komisi IX  DPR RI Amelia Anggraeni, menggelar acara sosialisasi Genre Ceria di Pondok Pesantren Al Hasani Jatimulyo Kecamatan Alian, Minggu (24/3/2019). Tak kurang dari 250 peserta terdiri dari santriawan dan santriwati pondok pesantren Al Hasani dan SMK Mutiara antusias mengikuti kegitan tersebut

    Dalam kegiatan ini, para santri diajak untuk menolak pernikahan usia dini.

    Anggota Komisi IX DPR RI Amelia Anggraeni,  mengatakan, kegiatan ini digelar guna menggugah kesadaran para remaja untuk menjauhi seks bebas, pernikahan dini dan narkotika.

    "Ini dalam rangka membentuk generasi muda yang berkualitas, dimana saat ini indonesia tengah memasuki era pasar bebas, yakni  kualitas sumber daya manusia menjadi fundamental, jadi pembangunan sumberdaya manusia harus dimulai dari para remaja," katanya.

    Amelia mengatakan, pernikahan dini pada kaum remaja berpotensi membuat kehidupan rumah tangga mengalami problem.  Juga, menjadi rawan terjadi problema sosial. Jadi, Amelia menekankan, agar pernikahan dilakukan saat sudah cukup umur. Sehingga bisa meminimalisir resiko promblem rumah tangga, dan menurunkan kasus stanting yang masih tinggi banyak dijumpai.

    Di saat yang sama, Amelia kembali mengingatkan soal tingginya kasus HIV/Aids di Kebumen. Dari hasil data riset yang ia peroleh, angka HIV banyak berasal dari para perantau yang pulang ke rumah.

    Pernikahan dengan persiapan matang, menjadi lebih penting, untuk menghadapi bonus demografi yang diperkirakan terjadi pada ditahun 2020 mendatang dimana usia produktif dari kisaran umur 14 hingga 64 tahun menduduki tingkat tertinggi.

    "Untuk menanggulangi hal ini yakni salah satunya dengan meningkatkan dan membentuk sumber daya manusia yang berkulitas sehingga memiliki kemampuan dan keahlian pada generasi muda untuk berfikir kreatif," kata Amelia.

    Amelia juga meminta generasi muda untuk berhati - hati menggunakan smart phone dan berkomunikasi di media sosial. Mereka diminta untuk tidak membuka konten - konten pornografi yang dapat merusak pikiran sehingga generasi muda dapat  berguna bagi bangsa dan negara.

    Hadir kemarin, Agus Pujianto SH, BKKBN Provinsi Jawa Tengah,  BPKB Jateng Marwati SE, TP4D Jateng Juni Prahesti SH MH, Dinsos PPKB Kebumen, dr Budi Satrio dan Camat Alian Budiono.(fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top