BPJS KEBUMEN

BPJS KEBUMEN

HONDA DUO CRV

  • Berita Terkini

    Rabu, 13 Februari 2019

    Soal Wabup Kebumen, PKB, Gerindra, PAN Isyaratkan Satu Suara

    Yazid Mahfudz
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Barisan Partai pengusung mulai mengintensifkan penjaringan Wakil Bupati yang bakal mendampingi Bupati Yazid Mahfudz. Bahkan, tiga parpol mengisyarakatkan sudah satu suara mengenai siapa yang bakal menjadi AA2.

    "Ya kami masih terus berdiskusi dengan teman-teman (parpol pengusung). Dan kami sudah sepakat bahwa jabatan wabup harus diisi. Selanjutnya hal itu dibahas di internal partai masing-masing untuk kemudian muncul dua nama yang kemudian dibahas lagi di antara parpol pengusung," kata Ketua DPC Gerindra Kabupaten Kebumen, Agung Prabowo kemarin (12/2/2019).

    Kabar baiknya, kata Agung, sudah ada kesepahaman diantara partai pengusung. Khususnya diantara Gerindra, PKB, PAN dan Demokrat. Bahkan, Agung tidak menampik soal adanya kemungkinan parpol pengusung mengusulkan nama yang sama dalam proses ini.

    Meski demikian, Agung buru-buru menambahkan, proses masih berjalan dan ada tahapan lain yang harus dilalui agar dua nama kandidat itu disetujui bersama diantara partai pengusung yakni Gerindra, PKB, PAN dan Demokrat.

    "Tentunya nama-nama itu akan menjalani fit and proper test (uji kelayakan) di depan partai pengusung. Baru setelah itu kita ajukan ke Bupati," katanya.

    Disinggung soal nama yang dimaksud, Agung mengelak. "Tunggu kabar selanjutnya. Nanti kita umumkan secara bersama-sama," janjinya.

    Seperti diketahui, posisi jabatan Wakil Bupati Kebumen saat ini kosong menyusul dilantiknya Wakil Bupati Yazid Mahfudz sebagai Bupati per 1 Februari 2019 kemarin. Yazid sendiri dilantik Bupati Kebumen sisa masa jabatan 2016-2021 karena Bupati sebelumnya, Mohammad Yahya Fuad tersandung perkara dengan KPK dan dinayatakan bersalah oleh Pengadilan Tipikor Semarang.

    Sesuai regulasi, Pemkab Kebumen masih punya siswa waktu untuk melakukan pengisian jabatan wabup karena sisa masa jabatan Bupati lebih dari 18  bulan. Itu artinya, ada waktu hingga September 2019 mendatang atau tersisa sekitar 6 bulan lagi untuk mengisi posisi orang nomor dua di Kabupaten Kebumen ini.

    Sebelumnya, Yazid Mahfudz kepada media mengatakan, pihaknya menyerahkan soal pengisian wabup ini kepada partai pengusung. Yakni  Gerindra, PKB, PAN dan Demokrat. Namun demikian, Yazid mengaku telah memiliki kriteria sendiri. Diantaranya, terlibat Pilkada secara langsung, figur yang sudah dikenal masyarakat dan pastinya mendukung program Kebumen Bangkit yang kini tengah digencarkan Kabupaten Kebumen.

    Kabag Tata Pemerintahan Setda Kebumen, Amin Nurrasyid, mengatakan, pihaknya tidak bisa menentukan kapan persisnya jabatan Wabup bakal terisi. Oleh karena itu, pihaknya menyerahkannya kepada mekanisme yang sudah ada. "Kita ikuti mekanismenya," ujar dia. (cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top