Honda Vario Duo 20-21 Feb 2019

  • Berita Terkini

    Kamis, 07 Februari 2019

    Siswa SD Alam Lukulo Gelar Magang

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Selama ini magang hanya dilaksanakan oleh siswa SMK sederajat atau lainnya. Namun magang yang dilaksanakan berbeda, bukan oleh Siswa Menengah Kejuruan (SMK) apalagi mahasiswa melainkan oleh siswa Sekolah Dasar (SD).

    Ya sebanyak 22 siswa kelas V SD Alam Lukulo (AL) Yayasan Ibnu Abbas Kebumen melaksanakan kegiatan magang tersebut. 22 siswa tersebut terdiri dari 13 siswi dan sembilan siswa. Para siswa mengikui program magang pada tiga tempat terpilih yakni Taman Pendidikan Al Qura (TPA), cattering, dan bakery di Kebumen. Beberapa TPA yang dijadikan tempat yakni TPA Insan Mulia, TPA Ibnu Abbas, TPA Ar-Risalah, DIA cattering, dan Guci Bakery and Cake.

    Program magang yang dilaksanakan beberapa waktu lalu itu, merupakan program tahunan sekolah. Ini dilaksanakan sekali dalam satu tahun pelajaran. Pelaksanaan program magang kali ini merupakan kali ke dua dilaksanakan oleh SD Alam Lukulo Kebumen.

    Kepala SD Alam Lukulo Eli Istingayatun Yatmi SPd menyampaikan, setelah dilaksanakan magang perdana pada tahun 2018. Kini Tahun 2019 program magang SD Alam Lukulo kembali dilaksanakan selama lima hari.

    Menurutnya, SD Alam Lukulo merupakan satu-satunya sekolah alam di Kabupaten Kebumen yang menggabungkan kurikulum sekolah (kurikulum pemerintah) pada umumnya dan juga kurikulum sekolah alam. Salah satu pilar dari Sekolah Alam Lukulo yakni membentuk generasi yang mandiri. Generasi mandiri tersebut dibuktikan dengan menjadi enterpreneur yang bekerja cerdas dan ikhlas. “Berdasarkan  narasi dan pilar tersebut akhirnya tercetuslah kegiatan magang di sekolah Alam Lukulo yang wajib diikuti oleh siswa kelas V guna membekali softskill. Untuk siswa kelas V SD Alam Lukulo yang disesuiakan dengan usianya sebagai peningkatan keterampilan hidup,” paparnya.

    Selain itu, lanjutnya,  dengan adanya program magang, siswa sekolah alam dapat belajar bermacam –macam profesi di lingkungan sekitar.  Ini mulai belajar bersosialisasi dan juga dapat mengambil kesemangatan orang – orang yang bekerja pada profesi tersebut. “Program magang ini diharapkan bisa menjadi sarana bagi siswa untuk dapat mengeksplor kemampuan dirinya serta menambah wawasan belajar anak,” paparnya.

    Eli menambahkan, para siswa dapat belajar apapun di tempat magang, sekalipun itu hanya hal kecil seperti menyapu atau mencuci alat-alat magang. Harapannya dari hal kecil itu akan menjadikan para siswa lebih menghargai sesuatu yang lebih besar dalam pekerjaan di masa mendatang. “SD Alam Lukulo membuka pendaftaran siswa baru tahun pelajaran 2019/2020 mulai 1 Maret 2019 mendatang dan dapat dipantau melalui media sosial kami,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top