• Berita Terkini

    Senin, 18 Februari 2019

    PKS SMKN 1 Gombong Kunjungi PAYDT Al Hikmah

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Panti Asuhan Anak Yatim Dhuafa dan Terlantar (PAYDT) Al Hikmah yang berlokasi di Desa Arjomulyo, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen, hari Minggu (17/2/2019) siang tampak meriah.

    Kunjungan dari Patroli Keamanan Sekolah (PKS) SMKN 1 Gombong membuat suasana jadi berbeda.

    "Kunjungan ini sebagai bagian dari kegiatan bakti sosial yang rutin dilakukan PKS SMKN 1 Gombong pasca pergantian dan pelantikan pengurus baru," jelas Dicky Arisandi, Guru Pendamping SMK N 1 Gombong.



    Dikatakan Dicky, pilihan kegiatan sejenis ini sengaja dilakukan di panti asuhan ataupun pesantren.  "Tujuannya untuk meningkatkan motivasi belajar dan membangun koneksitas religius secara timbal balik," tambahnya.



    Yang membuat anak-anak PAYDT AL Hikmah jadi ceria, karena kegiatan bakti sosial dikemas dalam bentuk permainan yang penuh kegembiraan (fun game). Anak-anak PAYDT Al Hikmah yang berjumlah 24 orang bersama 6 orang pengasuh terlibat permainan seru dengan rombongan PKS SMK N 1 Gombong yang berkunjung.


    Selain mengasuh anak-anak yatim, dhuafa dan terlantar, PAYDT Al Hikmah juga merupakan Pondok Pesantren yang melayani kegiatan pendidikan formal dan nonformal.  Pendidikan formal yang diselenggarakan meliputi TK, SD Islam dan Madrasah Tsanawiyah.

    Untuk pendidikan non formal ada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Al Hikmah yang menyelenggarakan program kesetaraan Kelompok Belajar Paket B dan Paket C.

    Menurut pembina PAYDT Al Hikmah Siti Rochani, ada sekitar 130 orang siswa yang belajar di PAYDT Al Hikmah.

    "Sebagian tinggal di rumah dan sebagian lagi mukim di asrama," terangnya.

    Siti Rochani menyambut baik kunjungan PKS SMK N 1 Gombong. Menurutnya, kegiatan ini sangat berpengaruh untuk memotivasi semangat anak-anak penghuni asrama.



    "Mereka memang perlu mendapat perhatian lantaran keberadaan mereka sebagai anak yatim, dhuafa dan terlantar," terang Siti.

    Melalui fun game yang diikuti, Siti berharap anak-anak asuhnya jadi lebih ceria dan meningkat motivasinya untuk belajar menyongsong masa depannya.(*/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top