BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA VARIO DUO

    Selasa, 12 Februari 2019

    Permintaan Darah dari Rumah Sakit Kebumen Tinggi

    KEBUMEN(kebumenekspres.com) -  Sejak Januari 2019, seiring dengan merebaknya demam berdarah (DBD), permintaan transfusi darah terus meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kebumen jemput bola dengan menerjunkan donor darah keliling.

    Kepala Unit Donor Darah PMI Kabupaten Kebumen dr Bambang Suryanto melalui Sekertaris PMI Kebumen, Salim Wasdy mengatakan, pihaknya terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satu yang dinilai efektif, melaksanakan donor di Mobil Unit.

    "Donor Mobil Unit ini juga sering dilakukan setiap minggu pada Car Free Day dan keliling ke sekolah dan instansi," katanya kemarin.

    Untuk permintaan darah di Unit Donor Darah PMI Kabupaten Kebumen sendiri dalam setiap hari kisaran 30 - 50 kantong. Dari jumlah itu, Mobil Unit (MU) atau donor keliling mampu menyumbang 60 - 80 kantong setiap hari.

    Lagipula, tidak semua stok dapat dipakai karena setiap kantong yang didapat dari hasil donor harus diuji di lab kelayakan. "Meski tergolong aman, namun secara kebutuhan untuk pemenuhan kita masih kurang," katanya.

    Di saat yang sama, permintaan darah tinggi. Seperti pada bulan Januari 2019 kemarin, permintaan darah di UDD PMI Kebumen sebanyak 1948. Sementara, PMI Kebumen hanya bisa memenuhi 1626 kantong darah. 

    Kondisi sama diperkirakan terjadi di bulan Februari ini. Hingga Senin (11/2), PMI sudah mengirim 508 kantong darah dari permintaan 548 kantong. Sebagian diantaranya untuk pasien demam berdarah. "Kalau laporan dari permintaan trombosit ke PMI sendiri sebanyak 14 pasien, namun diperkirakan penderita demam berdarah di rumah sakit lebih dari itu," ujarnya.

    Untuk memenuhi pelayanan dan permintaan darah bagi masyarakat Salim berharap kesadaran masyarakat kebumen untuk donor darah perlu ditingkatkan, hal itu dikarenakan sangat bermanfaat dan menolong bagi sesama manusia. "Donor itu sehat dan bisa bermanfaat membantu menyelamatkan nyawa orang lain," pungkasnya. (fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top