BPJS

BPJS

Job Fair 2019

  • Berita Terkini

    HONDA CBR 150

    Rabu, 27 Februari 2019

    Peringatan HPSN Dipusatkan di Pantai Petanahan

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sebanyak 3 ton sampah baik organik dan non organik dibersihkan di Objek Wisata Pantai Petanahan. Ini dilaksanakan pada kegiatan bersih sampah bertajuk ‘Beach Clean Up’ di Pantai Petanahan yang dihelat oleh Pemerintah Kabupaten Kebumen. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019, beberapa waktu lalu

    Kegiatan sosial dan lingkungan itu diikuti oleh sekitar 2000 peserta. Ini terdiri dari jajaran Forkopimda, Forkopimcam, pelajar, aktivis lingkungan dan warga Kebumen. Selain membersihkan sampah, peserta juga melakukan penanaman pohon dan bagi-bagi tumbler (botol minuman) melalui kegiatan Gerakan 1000 tumbler.

    Dalam kegiatan itu peserta berhasil mengumpulkan sampah sekitar 3 ton terdiri dari organik sebanyak 2,9 ton dan sampah non organik sebanyak 673 kilogram. "Sampah organik yang banyak ditemukan berupa sisa tumbuhan. Ini meliputu dedaunan, ranting, akar dan kayu serta kulit buah-buahan. Sedangkan sampah an organik sebagian besar didominasi sampah plastik, karet dan kaca," tutur Kepala Dinas Perkim LH, Edi Rianto ST MT.

    Adanya kegiatan tersebut diharapkan menjadi momentum untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Sudah barang tentu untuk menjaga kebersihan lingkungan harus dilaksanakan kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat. “Semua pihak harus bekerjasama bersinergi untuk mengelola sampah, menyehatkan lingkungan dan mengatasi masalah persampahan,” kata Bupati Kebumen H Yazid Mahfudz.

    Pihaknya juga meminta warga Kebumen untuk mulai menggunakan kantong ramah lingkungan saat berbelanja. Hal tersebut untuk mengurangi pemakaian kantong plastik sekali pakai.  Mengurangi pemakaian kantong plastik, turut serta menjaga kelestarian lingkungan. " Mari maksimalkan tekad dan ikhtiar untuk mencapai target 100 persen sampah dikelola pada tahun 2025,” katanya.

    Sementara itu, Direktur Pengelolaan Bahan Berbahaya Beracun (PB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Yun Insiani mengemukakan Peringatan HPSN 2019 dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Di Provinsi Jawa Tengah, kegiatan digelar di delapan titik. Tujuh titik di Pantura dan 1 titik di Pansela yakni di Kebumen. “Dipilihnya Kebumen sebagai lokasi kegiatan, karena dinilai cukup baik dalam peningkatan pengelolaan persampahan. Selain itu adanya semangat dari seluruh komponen  masyarakat, swasta dan Pemerintah Daerah,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top