Honda VARIO

  • Berita Terkini

    Jumat, 22 Februari 2019

    Muhammadiyah Angkat Bicara Soal Wabup Kebumen

    KH Yazid Mahfudz
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Pembicaraan mengenai Pengganti Antar Waktu Wakil Bupati Kebumen (PAW Wabup) kian menghangat. Hal itu tak luput dari pantauan Ormas Islam terbesar di Kebumen yakni NU dan Muhammadiyah. Jika sebelumnya NU telah mendukung penuh salah satu kader penggurusnya menjadi Bakal Calon PAW Wabup, lantas bagaimana sikap Muhammadiyah?

    Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kebumen Mul-an Anafaty menegaskan memperhatikan perbincangan terkait pengisian Wakil Bupati Kebumen oleh masyarakat Kebumen sekaligus untuk menjawab pertanyaan warga Muhammadiyah terkait sikap Muhammadiyah, maka  Persyarikatan Muhammadiyah Kebumen sebagai organisasi keagamaan dan sosial secara tegas tidak melakukan kegiatan politik praktis. Kendati demikian Muhammadiyah tetap menjaga kedekatan yang sama terhadap seluruh pelaku politik praktis. “Muhammadiyah bukan organisasi politik, melainkan organisasi keagamaan,” tuturnya, Kamis (21/2/2019).

    Ditegaskan pula oleh Mul-an Anafaty,  Persyarikatan Muhammadiyah Kebumen melaksanakan politik kebangsaan. Ini mempunyai arti berjihad dalam dakwah kebangsaan. Ini dilaksanakan oleh  Muhammadiyah demi terwujudnya tatanan masyarakat yang baik. “Selain itu juga demi terwujudnya masyarakat yang  berkeadaban dan berkemajuan untuk menuju “Baldatun Toyyibatun Warobbun Ghafuur”,” katanya.

    Baldatun Toyyibatun Warobbun Ghafuur mempunyai arti negeri yang subur dan makmur, adil dan aman. Dimana masyarakatnya dalam hidup dengan aman damai dan sejahtera. Ini seperti ungkapan dalam Bahasa Jawa yakni gemah ripah loh jinawi toto tentem kerto raharjo.

    Saat disinggung mengenai Wabup, Mul-an Anafaty menegaskan dalam konteks dinamika perbincangan terkait pengisian Wakil Bupati Kebumen, Persyarikatan Muhammadiyah  Kebumen tetap berkomitmen untuk membangun “Koalisi Keumatan”. Ini dalam rangka mewujudkan Kebumen yang maju, unggul dan Islami.

    Selain itu Persyarikatan Muhammadiyah mendukung dan mengawal pihak manapun baik yang berasal dari internal Persyarikatan Muhammadiyah Kebumen maupun yang berasal dari PC Nahdhatul Ulama Kebumen atau bagian masyarakat Kebumen lainnya untuk mencalonkan diri sebagai kandidat Wakil Bupati Kebumen dalam rangka membangun komitmen bersama guna mewujudkan bangunan koalisi keumatan secara berkesinambungan.

    “Terkait mekanisme pengisian Wakil Bupati Kebumen, menyerahkan sepenuhnya proses tersebut kepada partai politik sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top