Honda Vario Duo 20-21 Feb 2019

  • Berita Terkini

    Senin, 04 Februari 2019

    Bupati Yazid Diminta Lebih Berpihak kepada Desa

    fotosaefur/ekspres

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Kebumen menyambut positif dilantiknya KH Yazid Mahfudz sebagai Bupati Kebumen. Ke depan, Yazid yang merepresentasikan Pemkab Kebumen, lebih peduli kepada desa.

    "Tentunya pelantikan ini melegakan. Kami berharap roda pemerintahan akan lebih terarah karena sebelumnya ada kesan kurang terarah (karena sebelumnya posisi Bupati kosong)," kata Ketua Apdesi Kebumen, Widodo Sunu Nugroho, kemarin.

    Sunu menyampaikan, Bupati Yazid diharapkan memiliki ide-ide baru, terobosan serta inovasi dalam jabatannya sebagai Bupati. "Ide-ide baru dari Gu Yazid yang bisa menyejahterakan masyarakat," kata Widodo Sunu.

    Sunu sangat berharap, Yazid lebih berpihak desa. Pembangunan di Kebumen berorientasi desa lebih baik lagi berbasis desa. "Semua pembangunan bisa mempertimbangkan potensi desa," katanya.

    Salah satu yang penting dan mendesak, bagaimana penguatan desa. "Kalau selama ini kita banyak bicara pengawasan desa. Lha ini saya berharap menjadi penguatan desa. Dicek apakah desa sudah cukup baik cuup mampu menyelenggarakan pemerintaha. Dikuatkan lagi supaya lebih mantap. Dalam hal ini mungkin bis dibuat regulasi. Seperti misalnya bagaimana kecamatan bisa mendampingi desa. Bagimana Kabupaten mendorong desa menjadi maju," ujarnya.

    Di sisi lain, sejumlah warga yang ditemui mengaku memiliki banyak harapan terkait pelantikan Yazid Mahfudz sebagai Bupati. Jono, salah satu warga misalnya berharap, Bupati bisa mengatasi persoalan bencana yang seringkali terjadi Kebumen, utamanya saat musim penghujan tiba. Termasuk di kawasan perkotaan yang ternyata juga tak luput dari banjir. "Kemarin kan banjir itu. Ya semoga tidak ada lagi banjir. Misalnya dengan membuat gorong-gorong lebih lebar," ujarnya.

    Sementara Nana, warga yang sehari berjualan pakan burung di Pasar Tumenggungan Kebumen berharap,  tidak ada lagi korupsi di Kota Beriman. Selain itu Bupati diharapkan dapat membawa masyarakat Kebumen sejahtera. "Lapangan kerja dikembangkan, biar tidak pada pergi merantau," ujarnya.

    Suroso pedagang pasar Tumenggungan berharap, Bupati dapat lebih memperhatikan nasib para pedagang tradisional. Apalagi di tengah himpitan mini market yang terus bertambah di Kebumen dalam beberapa waktu terakhir.

    Faiq (20), warga lain, berharap Bupati dapat mendukung sektor ekonomi kreatif yang pelakunya merupakan para generasi muda. Seperti misalnya, adanya para anak muda Kebumen yang menggeluti usaha toko online.

    Usaha ini, kata Faiq, berkembang pesat di Kebumen dari sisi pelaku usaha. Namun untuk konsumen, justru dari luar daerah. "Saya berharap, Bupati dapat mendorong agar sektor usaha ini bisa lebih berkembang.
    Apalagi, usaha ini sangat menjanjikan dari sisi ekonomi dan sudah terbukti melahirkan para wirausaha di kalangan generasi muda.

    "Kami berharap agar pemerintah bisa lebih mengenalkan sektor ini ke masyarakat Kebumen. Bila itu dilakukan dan tercipta iklim usaha yang bagus, saya yakin sektor ini akan mampu mengurangi angka pengangguran bahkan angka kemiskinan," katanya.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top