• Berita Terkini

    Kamis, 21 Februari 2019

    500 Sertifikat Tanah Dibagikan di Alian

    Saefur Rohman / Kebumen Ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Badan Pertanahan Negara (BPN) Kebumen memberikan 500 sertifikat gratis program PTSL untuk warga Kecamatan Alian di Pasar Jaten Alian, Minggu (17/2/2019).

    Acara yang digelar oleh 4 institusi yakni pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Kebumen Universitas Gajah Mada (UGM), Rumah Sakit Sarjito, dan ikatan alumni kedokteran UGM juga dibarengkan dengan penyerahan sertifikat gratis kepada warga masyarakat Kecamatan Alian.

    Kepala ATR/BPN Kebumen, dr Arya Widya Wasista SP.Msi, melalui Kasie Insfrastruktur Pertanahan, Joko Pitoyo Cahyono, mengatakan pada penyerahan kali ini ada 500 sertifikat yang dibagikan kepada warga.  "Acara saat ini merupakan acara bersama dengan Pemda dan Keluarga Alumni Gajah Mada (Kagama) bertepatan dengan ini kami sekalian untuk mneyerahkan sertifikat tanah gratis kepada masyarakat Alian," katanya.

    Joko menjelaskan dari 500 sertifikat yang diberikan itu merupakan hasil yang telah diselesaikan kepengurusannya oleh BPN, sertifikat gratis itu merupakan program presiden Joko Widodo.

    "Tahun ini ditargetkan di kebumen ada 75 ribu bidang tanah yang disertifkatkan, dari jumlah penargetan sertifikat itu merupakan bidang tanah yang telah dakukan pengukuran," katanya.

    Masih kata Joko, jumlah bidang tanah di Kabupaten Kebumen saat ini sekitar 1.169.843 bidang tanah yang tersertifikat dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Dari jumlah itu merupakan hasil ditahun 2017 sejumlah 408.221 bidang (35.0 persen) dan tahun 2018 sejumlah 449.221 bidang (38.5 persen) dari 68 desa
    "Tujuan dari PTSL ini merupakan pemberian kepastian dan perlindunhan hukum atas tanah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

    Selain itu Joko berharap ditahun 2019 ini pihaknya akan menerbitkan 59 ribu bidang tanah bersertifikat hak dan 75 ribu tanah yang telah dilakukan pengukuran dan pemetaan pada akhir tahun 2019.

    "Direncanakan akhir tahun 2019 nanti jumlah tanah bersertifikat bisa tembus 524.221 bidang atau sekitar 44.8 persen diharapkan ditahun 2025 seluruh bidang tanah di kabupaten kebumen telah bersertifikat," katanya. (Fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top