Honda Vario Duo 20-21 Feb 2019

  • Berita Terkini

    Rabu, 06 Februari 2019

    104 Mahasiswa UMNU Kebumen Jalani KKN

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 104 Mahasiswa Universitas Maarif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen resmi mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN). Para mahasiswa UMNU tersebut akan ditempatkan di 10 desa di lima kecamatan di Kabupaten Kebumen. Pelepasan mahasiswa dilaksanakan oleh Kabag Kesra Drs H Wahib Tamam MSi di Ruang Jatijajar Pendopo Bupati Kebumen, Senin (5/2/2019).

    KKN kali ini merupakan perdana UMNU Kebumen. Para mahasiswa akan menjalankan selama tiga bulan yakni mulai Hari ini 5 Februari hingga 5 Maret 2019 mendatang. Dalam menjalankan pengabdian kepada masyarakat para mahasiswa nantinya akan membuat Majelis Birrul Walidain di masjid atau mushola dimana mereka ditugaskan. Majelis Birrul Walidain ini merupakan program wajib bagi mahasiswa KKN UMNU Kebumen.

    Dalam sambutan Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz yang dibacakan oleh Kabag Kesra Wahib Tamam menyampaikan, menyambut baik kegiatan tersebut. Selain itu para mahasiswa juga diharapkan menjadi pelopor pecinta produk lokal. Bukan itu saja mahasiswa juga diharapkan menjadi contoh yang baik pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. “Perguruan tinggi, diharapkan dapat mendukung pengembangan potensi lokal di Kabupaten Kebumen. Dengan itu maka kabupaten ini akan semakin maju,” tuturnya.

    Hal ini dapat dimulai dari hal-hal sederhana, misalnya potensi bengkoang. Dibutuhkan inovasi agar bengkoang mampun mempunyai nilai ekonomi yang lebih baik dari saat ini. Bengkoang dapat diolah menjadi makanan atau produk kecantikan. “Adanya inovasi tersebut tentunya akan membuat penghasilan masyarakat meningkat,” paparnya.
    Mahasiswa, lanjutnya, diharapkan juga dapat menjadi penggerak dalam pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Ini baik dalam dalam sektor pertanian, pariwisata maupun lainnya. Hal tersebut tentunya disesuaikan dengan potensi-potensi yang ada lokasi KKN masing-masing.

    Rektor UMNU Kebumen Dr Khomsin menyampaikan mahasiswa akan ditempatkan di Kecamatan Karanganyar seperti Desa Pohkumbang dan Wonorejo. Kecamatan Alian yakni Desa Seliling dan Sawangan. Kecamatan Kutawinangun yakni Desa Tanjungsari dan Karangsari. Kecamatan Ambal yakni Desa Blengorwetan dan Entak serta Kecamatan Buluspesantren yakni Desa Bercong dan Waluyo. “Semoga semua dapat berjalan dengan lancar. Adapun tema KKN kali ini yakni “Penguatan Karakter Masyarakat Berbangsa dan Bernegara”. Mahasiswa  ditekankan dapat menerapkan ilmunya  di masyarakat dengan baik,” ucapnya didampingi Ketua Panitia Fahri Alim SP MP. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top