HONDA CRF 150

  • Berita Terkini

    Selasa, 29 Januari 2019

    Warga Rantewringin Lunasi PBB Satu Hari

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Salah satu program monumental Bupati Kebumen H Buyar Winarso SE yakni pelunasan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) lunas sehari. Pasalnya sejak dicanangkan di Desa Jatimalang pada tanggal 17 Maret Tahun 2011 silam, hingga kini masyarakat Kebumen masih antusias untuk menjalankan program tersebut.

    Ini seperti yang dilaksanakan oleh Desa Desa Rantewringin Kecamatan Buluspesantren, yang melaksanakan pembayaran PBB sehari lunas, Senin (28/1/2019). Untuk membuat warga antusias dalam membayar PBB lunas sehari, pemerintah desa pun menyediakan berbagai macam doorprize. Ini mulai dari jajanan pasar hingga ayam.

    Adapun salah satu yang mendapat doorprize berupa ayam yakni Umi Salamah warga RT 3 RW 4 Desa Ratewringin Kecamatan Buluspesantren.  Dirinya bersama dengan beberapa warga lain mendapatkan hadiah ayam yang diberikan Camat Buluspesantren Suis Idawati SSos. Itu karena Umi membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) tahun 2019 tepat waktu.

    Camat Buluspesantren Suis Idawati menjelaskan, di Kebumen Gerakan Pelunasan PBB Satu Hari Lunas mulai dicanangkan sejak 17 Maret Tahun 2011 silam oleh Bupati H Buyar Winarso SE. Sejak itu beberapa kecamatan dan desa selalu banyak yang berlomba-lomba untuk dapat lunas PBB sehari. “Kami sangat mengapresiasi program tersebut, karena memang manfaatnya sangat banyak,” tuturnya.

    Dijelaskannya, keberhasilan program tersebut, berkat adanya kebersamaan antara pihak-pihak yang terkait mulai dari masyarakat selaku wajib pajak, para perangkat desa, tokoh masyarakat dan kepala desa. Selain itu yakni kecamatan, dan berbagai instansi lainnya.  Hingga kini program bayar PBB sehari lunas, terus digencarkan di Buluspesantren. Bahkan pada hari yang sama, ada dua desa yang melakukan PBB yaitu Rantewringin dan Tanjungrejo. “Pemkab sendiri telah menyiapkan reward bagi desa yang lebih awal membayar PBB berhak mendapatkan 100 kantong semen,” katanya.

    Penjabat Kepala Desa Rantewringin Pujiono menyampaikan program pembayaran PBB sehari lunas, diakuinya telah berjalan beberapa tahun di desanya. Selain mensuport Pemerintah Kabupaten Kebumen, program ini  juga untuk memberikan pembelajaran kepada masyarakat agar membayar pajak tepat waktu. "Kegiatan ini sudah rutin dilakukan agar masyarakat patuh dalam pembayaran pajak," paparnya.

    Pihaknya menambahkan, membayar pajak menjadi salah satu upaya untuk mendukung pembangunan. Jumlah baku anggaran PBB yang ada di Desa Ranterwringin yakni Rp 95 juta lebih. Itu terbagi ke dalam 1.029 wajib pajak dengan total bidang 2.967 bidang. “Hari ini terkumpul dana seluruhnya untuk selanjutnya disetorkan ke pemerintah daerah," ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top