• Berita Terkini

    Selasa, 29 Januari 2019

    Tingkatkan Keramaian Baledono, Trayek Angkutdes Diubah

    ANDI/EKSPRES
    PURWOREJO- Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Perhubungan menerapkan perubahan rute angkutan pesedaaan (angkutdes). Hal itu dilakukan sebagai strategi memperamai Pasar Baledono Purworejo. Setidaknya kini sebanyak 12 trayek angkudes diharuskan menempati Terminal Kongsi sebagai tempat menunggu penumpang.

    "Sebagian besar angkutan selama ini ngetemnya di belakang Pasar Baledono. Mereka sudah sepakat untuk menempati Terminal Kongsi. Sosialisasi atau uji sendiri akan dilakukan hingga selesainya Pemilu 2019 nanti." kata Kepala Bidang Angkutan dan Terminal Dishub Purworejo, Deasy Ari Wulandari, kemarin.

    Menurut Deasy, pemindahan itu dimaksudkan untuk meramaikan Pasar Baledono dimana angkutan dilewatkan di Jalan Ahmad Yani. Sebagian besar kendaraan merupakan angkutan yang melayani trayek di sisi selatan Kota Purworejo.

    "Katakan yang dari arah Cangkrep setelah dibelakang Pasar Baledono tidak langsung belok kiri tapi harus lurus menuju ke Jalan Pemotongan Hewan. Sesampai di Posis Tugu mereka belok kiri menuju ke Pasar Baledono," imbuh Deasy.

    Adapun jalan yang digunakan untuk masuk ke Terminal Kongsi adalah lorong yang ada di depan Pasar Baledono. Dan di Terminal Kongsi, seluruh armada telah diberikan tempat sesuai trayeknya untuk ngetem.

    "Keluarnya nanti juga ke Jalan Pramuka dan masuk ke Jalan Ahmad Dahlan dan belok kiri ke Jalan Kemuning untuk selanjutnya masuk ke Jalan Ahmad Yani lagi," tambahnya.

    Dari hasil sosialisasi, ada penawaran dari beberapa angkutan yang meminta agar ditempatkan di Jalan Kemuning. Hal ini juga diakomodir oleh Dishub serta lainnya dimana ada beberapa trayek yang akan ngetem di Kemuning.

    "Meskipun di Kemuning ngetemnya, tapi untuk di Terminal Kongsi tetap kita berikan tempat jika memang nantinya dari trayek yang bersangkutan akan ngetem di Kongsi," imbuh Deasy.

    Walaupun masih sosialisasi atau percobaan, Deasy meminta agar seluruh operator kendaraan mengindahkan ketentuan tersebut. Dirinya optimis dengan perubahan jalur tersebut upaya Pemkab Purworejo meramaikan Pasar Baledono bisa terwujud. (ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top