BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA VARIO DUO

    Selasa, 29 Januari 2019

    Siswa SD Alam Lukulo Belajar Pertanian Organik

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- SD Alam Lukulo mempunyai cara unik untuk meningkatkan kemandirin para siswa-siswinya. SD yang berada di Desa Karangpoh Pejagoan tersebut meningkatkan kemandirian dengan program Live In. Ini dilaksanakan selama empat hari di Omah Organic Desa Adikarto Adimulyo.

    Kegiatan tersebut diikuti oleh siswa kelas empat yakni sebanyak 19 orang. Di Omah Organic tersebut para siswa dapat belajar banyak hal. Bukan itu saja, dalam program Live in itu para siswa juga membaur dengan masyarakat setempat.

    Kegiatan diawali dengan pemberangkatan pada  Selasa (22/1/2019) lalu. ini dilaksanakan menggunakan kendaraan umum. Dalam kegiatan itu para siswa didampingi oleh empat orang guru pendamping. Live in sendiri merupakan salah satu program unggulan SD Alam Lukulo. Dalam kegiatan tersebut siswa-siswi menginap selama 4 hari 3 malam di rumah warga dan membaur dengan keseharian mereka.

    Adapun kegiatan kesehariannya,  yakni belajar tentang kemandirian, kepemimpinan, sosialisasi dengan masyarakat dan adaptasi dengan lingkungan. Dalam kesempatan itu para siswa juga dibekali materi tentang potensi daerah asalnya. Dengan mengetahui potensi daerahnya, diharapkan semangat cinta tanah air dan cinta lingkungannya akan semakin tumbuh. Untuk itu tema yang diambil adalah “Be The Great Leader for The Future”.

    Salah satu guru pendamping Fanny Oksarenita SPd menyampaikan jalannya kegiatan live in dimulai dari anak-anak bangun tidur, sholat tahajud dan subuh berjamaah. Kemudian dilanjutkan dengan aktivitas bersih-bersih tempat yang mereka tinggali. Para siswa juga mencuci baju sendiri. “Kegiatan pagi ini merupakan pembiasaan awal yang ingin sekolah terapkan pada anak mulai dari diri sendiri agar nantinya mereka bisa lebih mandiri dan disiplin dalam melaksanakan kegiatan pagi,” tuturnya.

    Lebuh lanjut dijelaskan, setelah pembiasaan pagi, siswa-siswi kemudian melanjutkan dengan kegiatan pembelajaran, eksplorasi tentang potensi lokal sekitar tempat mereka tinggal. Kegiatan ini diantaranya, belajar memanen jamur, membuat pupuk cair dengan bahan limbah rumah tangga. Selain itu juga menanam tanaman, memberi makan ternak dan masih banyak lagi. “Rangkaian kegiatan dan pembiasaan diri yang meliputi adab makan, bergaul, belajar dan adab sebelum tidur terus  berlanjut sampai petang,” katanya.

    Kepala SD Alam Lukulo Eli Istingayatun Y SPd mengucapkan rasa terima kasihnya atas kepercayaan luar biasa yang diberikan oleh pemilik lokasi Live In 2019 (Wisata Omah Organic) yakni Bambang Haryadi atau yang akrab disapa Abi Bahar.

    Eli juga menyapaikan, masih banyak program andalan SD Alam Lukulo dalam upaya meningkatkan core value yakni ahlak, kepemimpinan, cinta lingkungan, kewirausahaan dan logika akademik. “Untuk terus bisa berkomitmen dalam memajukan para penerus bangsa dengan nilai-nilai yang ingin sekolah bangun tersebut, SD Alam Lukulo membuka pendaftaran siswa baru tahun pelajaran 2019/2020 mulai 1 Maret 2019 mendatang,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top