HONDA BEAT

  • Berita Terkini

    Senin, 14 Januari 2019

    Selamat, Kebumen Raih Sertifikat Adipura

    fotosaefur/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Setelah tiga dasawarsa, Kabupaten Kebumen untuk kali pertama meraih sertifikat adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

    Rencananya, sertifikat adipura akan diserahkan kepada Wakil Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz di Auditorium Dr Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti Jalan Gatot Subroto Jakarta, hari ini, Senin (14/1/2019). Acara tersebut rencananya akan dihadiri oleh Wakil Presiden RI Muhammad Jusuf Kalla.

    Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Kebumen, Edi Rianto, menjelaskan sertifikat adipura yang akan diterima itu merupakan penghargaan untuk tahun 2018. Sertifikat Adipura itu diperuntukkan bagi daerah yang bisa mendapatkan nilai lebih baik di banding tahun sebelumnya.

    "Tahun ini kita masih mendapatkan sertifikat, sedangkan pentahapan setelah sertifikat, piala dan adipura kencana," ujar Edi Rianto, Jumat (11/1).

    Kendati belum dapat meraih piala Adipura, capaian itu menurut Edi Rianto, menunjukkan komitmen Pemkab Kebumen untuk memperbaiki wajah dan citra kabupaten. Prestasi tersebut diraih atas kerjasama semua elemen masyarakat Kebumen yang telah bahu membahu mewujudkan keinginan dan mimpi panjang selama ini untuk meraih Adipura.

    Meraih sertifikat adipura merupakan pencapaian tersendiri bagi Pemkab Kebumen. Sebab, sejak program Adipura dimulai 1986, Kebumen baru pertama kali mendapatkan sertifikat bergengsi di bidang lingkungan hidup tersebut. "Alhamdulillah. Ini merupakan yang pertama kali diterima oleh Kebumen sejak adanya Adipura," terangnya.

    Sertifikat adipura menjadi motivasi tersendiri bagi pengelolaan kebersihan dan lingkungan perkotaan secara berkelanjutan. Dengan diraihnya penghargaan tersebut, akan semakin memotivasi untuk menjadikan Kota Kebumen semakin bersih dan nyaman. "Ibaratnya sekarang pondasinya sudah terbentuk tinggal ditingkatkan lagi," tandasnya menyebutkan pihaknya berkomitmen tahun 2019 meraih piala Adipura.

    Dalam kesempatan tersebut Edi Rianto juga memberi apresiasi kepada para petugas pembersih sampah. Pasalnya perolehan adipura tidak terlepas dari peran serta para petugas pembersih sampah. Dengan mereka selalu bekerja setiap hari untuk mewujudkan Kebumen bersih. “Kami sangat mengapresiasi kepada masyarakat dan para petugas pembersih sampah. Berkat dukungan mereka saat ini penghargaan adipura dapat diperoleh,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top