• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Sabtu, 05 Januari 2019

    Malam Nanti, Dua Dalang Cilik Bakal Mentas di Kebumen

    KEBUMEN(kebumenekspres.com) - Dua dalang cilik yang juga Duta Budaya Internasional, Prama Reza Fadliansyah (13) dan Raffi Ramadhan (11) bakal kembali manggung di Kebumen. Mereka bakal tampil pada acara  peresmian Panggung Pertunjukan Terbuka  Dinas Kominfo Kebumen dan Hasil Pembangunan Infrastruktur Kabupaten Kebumen tahun Anggaran 2018, yang digelar di Jl Kutoarjo, persisnya kompleks Studio Ratih Tivi Kebumen, Sabtu malam nanti (5/1/2019) .

    Prama-Ravi bakal membawakan lakon Dasamuka Lena atau Brubuh Alengka di hadapan Wakil Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz beserta unsur Forkompimda Kebumen. 

    . Kegiatan pentas wayang ini sekaligus dalam rangka Pengabdian Masyarakat Universitas Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.

    Rektor Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Profesor Dr. H. Sumaryoto, menyampaikan, kegiatan ini merupakan agenda yang sudah sering merela laksanakan. Tak hanya di Kebumen, pengabdian masyarakat dalam bentuk pementasan wayang itu juga sering digelar di Kabupaten Banyumas dan Cilacap. "Di Kebumen sudah beberapa kali," imbuh Sumaryoto.

    Profesor Sumaryoto menambahkan, pentas wayang kulit ini sebagai bentuk kepedulian Unindra akan pelestarian seni budaya khususnya wayang kulit. Apalagi, wayang kulit sudah menjadi warisan UNESCO. "Kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikannya," kata akademisi kelahiran Kebumen tersebut.

    Prama Reza Fadliansyah dan Raffi Ramadhan, ditambahkan Humas Unindra Jateng-DIY Ir Joko Waluyo, merupakan cucunya sendiri. Mereka belajar wayang kulit secara otodidak. Karena kemampuannya, Prama dan Ravi saat ini menyandang status sebagai Duta Budaya Indonesia. Prama ravi sudah mentas di India dan Rusia.

     (cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top