Honda Vario Duo 20-21 Feb 2019

  • Berita Terkini

    Sabtu, 19 Januari 2019

    Cuaca Ekstrem, Jaringan Listrik 10 Kecamatan di Kebumen Terganggu

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Kebumen pada Selasa (15/1) malam, selain membuat bencana banjir, ternyata juga membawa dampak buruk bagi PLN. Pasalnya akibat hukan deras beberapa waktu lalu itu, banyak instalasi listrik PLN yang mengalami gangguan. Salah satunya disebabkan oleh robohnya tiang listrik.

    Wilayah yang terdampak pemadam hampir terjadi beberapa kecamatan di Kabupaten Kebumen. Ini meliputi Ambal, Kutowinangun, Poncowarno, Prembun, Bonorowo dan Mirit. Selain itu yakni Petanahan, Padureso Adimulyo dan Puring. Selain itu masih banyak kecamatan-kecamatan lain yang terdampak pemadaman.

    Bahkan dari pantauan Ekspres, beberapa lampu rambu –rambu lalu lintas (Apill) juga sempat mengalami pemadaman. Hal ini terjadi salah satunya di simpang lima Kebumen, tepatnya di Kecamatan Sruweng. Bahkan Desa Kebulusan Kecamatan Pejagoan sebelumnya juga sempat mengalami pemadaman listrik.

    Koordinator Pelayanan Handal (Yandal) PT PLN (Persero) ULP Kebumen Goenoto menyampaikan hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi di sejumlah wilayah di Kebumen. Dari data Rayon PLN Kebumen tercatat setidaknya ada 10 kecamatan mengalami gangguan listrik. “Kejadian ini akibat adanya bencana. Ini tentunya tidak dapat diperdiksi sebelumnya. Masyarakat dimohon dapat memaklumi atas kejadian tersebut,” tuturnya, Jumat (18/1/2019).

    Hingga hari ke-3 pasca bencana banjir dan longsor yang menimpa Kebumen, tiga kecamatan masih belum dapat tertangani. Penanganan dilaksanakan secara bertahap dari satu kecamatan ke kecamatan lainnya. Kendati demikian Goenoto memastikan jika hingga Jumat siang penanganan telah dilaksanakan sebanyak 80 persen. “Hingga kini 80 persen sudah tertangani dengan baik,” jelasnya.

    Sebelum kejadian ini, beberapa waktu lalu jaringan listrik juga sempat mengalami gangguan. Ini  akibat adanya tiang listrik yang miring ke jalan hingga roboh. Akibatnya beberapa  wilayah juga mengalami pemadaman listrik. Adapun wilayah Kecamatan Kebumen, Pejagoan, Klirong , Karanggayam, Alian dan Sadang. Bahkan Pemadaman juga dilakukan di Kecamatan Padureso, Poncowarno,  Prembun. Selain itu di Wadaslintang, Kaliwiro dan Kalibawang Kabupaten Wonosobo.

    Goenoto menegaskan, setelah kejadian tersebut PLN dipastikan segera melaksanakan langkah taktis untuk  mengatasi persoalan itu. Beberapa keputusan dan langkah solusi segera dilaksanakan. Secara bertahap semua gangguan akan diselesaikan hingga  listrik dapat menyala kembali dengan normal. “Kami juga berharap peran aktif dari masyarakat untuk saling menjaga. Ini dapat dilaksanakan dengan tidak membiarkan ada pohon tinggi dan besar di sekitar jaringan PLN,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top