HONDA DUO

  • Berita Terkini

    Rabu, 16 Januari 2019

    Banjir Sempat Mencapai Pinggang Orang Dewasa

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Cuaca ekstrem terjadi di Kebumen Rabu (16/1/2019) ini. Hujan deras nyaris tak berhenti hingga sore ini dan mengakibatkan bencana banjir longsor.

    Sejauh ini, tidak ada laporan korban jiwa akibat bencana ini. Namun, aktivitas warga terganggu. Ini setelah genangan air masuk ke rumah warga dengan ketinggian hingga mencapai 30 cm.

    Anggota DPRD Kabupaten Kebumen, Jenu Arifiadi menyampaikan, di Desa Selokerto Kecamatan Sempor air sempat mencapai pinggang orang dewasa. "Tadi siang kami mendapat laporan banjir sempat mencapai pinggang orang dewasa dan masuk rumah. Namun saat ini air sudah surut," katanya usai melakukan pantauan bencana bersama sejumlah pihak terkait, Rabu (16/1/2019).

    Jenu mengapresiasi upaya pemkab, dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) beserta pihak terkait seperti Polri, TNI dan elemen masyarakat lain dalam melakukan penanganan bencana. Hingga sore ini, para petugas masih berada di lapangan untuk melakukan penanganan.

    Air masuk rumah warga juga dilaporkan terjadi di Desa Sumberadi Kecamatan Kebumen yang mencapai 30 cm. Di Desa Rangkah, Kecamatan Buayan terdapat 3 pedukuhan yang terdampak banjir kurang lebih ada 650 jiwa. Selain itu, kurang lebih 13 rumah di Desa Karang Pule RT 02 RW 01 Dukuh Bakung, Kecamatan Sruweng kemasukan air.

    Tak hanya di kawasan pedesaan, banjir juga melanda kawasan kota Kebumen. Sejumlah jalan protokol di Kebumen terendam banjir dan membuat warga harus ekstra hari-hati saat melintas.

    Sebelumnya, BPBD Kebumen melaporkan bencana terjadi di 41 titik di sejumlah kecamatan Dari Adimulyo, Kuwarasan, Gombong, Sempor, Buaya, Ambal, Klirong, Alian, Rowokele, Kebumen Sruweng, Pejagoan dan Ayah. Bencana terdiri dari banjir, longsor, pohon tumbang, tanggulsungai jebol. Sejumlah tiang listrik PLN juga tumbang.

    Banjir, tak hanya menggenangi rumah warga namun sejumlah jalan ikut tergenang yang pada sejumlah titik mencapai 30 cm. Termasuk tanaman padi di areal persawahan.
    Pantauan koran ini, hujan masih turun hingga pukul 15.30 WIB. (cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top