• Berita Terkini

    Sabtu, 26 Januari 2019

    Banjir Rusak Ribuan Hektare Sawah di Purworejo

    PURWOREJO- Ribuan hektare lahan persawahan rusak akibat terencam banjir. Dinas Pertanian Purworejo mencatat, lahan persawahan kurang lebih 1.892 hektare di Kecamatan Butuh, Grabag dan Pituruh rusak. Sebagian besar hamparan padi hanya selamat, kurang lebih 142 hektare sawah gagal tanam.

    "Lahan persawahan di Kecamatan Butuh dan Grabag mengalami dampak terparah akibat genangan. Areal sawah yang tergenang lebih dari empat hari seluas kurang lebih 52 hektare di Kecamatan Butuh dan 90 hektare Grabag," ujar Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Pangan Peternakan dan Perikanan (DP2KP) Purworejo Eko Anang SW, kemarin.

    Menurutnya, tanaman padi berumur 2 - 4 minggu bisa bertahan hingga panen apabila tergenang tidak lebih dari empat hari. Namun apabila lebih lama, tanaman padi busuk dan petani harus menanam ulang. "Untuk membantu, pemerintah punya bantuan benih dari Cadangan Benih Nasional (CBN), tetapi petani enggan mengambil," ungkapnya.

    Petani, lanjutnya, tidak mau repot menyemai benih dan menunggu hingga 20 hari hingga tanaman siap tanam. "Mereka tidak mau menunggu lebih lama karena kondisi sekarang saja sudah mengulur waktu budidaya, akhirnya mereka berswadaya membeli benih siap tanam di pasar. Pemerintah tidak bisa bantu karena tidak ada pos bantuan biaya pembelian benih siap tanam," tuturnya. (ndi)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top