Honda GTR

  • Berita Terkini

    Senin, 14 Januari 2019

    Alun-alun Gombong Bakal Jadi Lokasi CFD

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Ada kabar gembira bagi warga masyarakat Kota Gombong dan sekitarnya. Sebentar lagi, warga setempat tak harus jauh-jauh bila ingin menikmati Car Free Day (CFD) ke alun-alun Kebumen.

    Ini setelah alun-alun Gombong atau Lapangan Manungga, dalam waktu dekat, bakal menjadi lokasi CFD. Sejumlah persiapan bahkan telah dilakukan untuk menjadikan Lapangan Manunggal sebagai CFD. Salah satunya, menggelar simulasi CFD di lapangan tersebut pada Minggu (13/1/2019).

    Camat Gombong, Supoyo, mengatakan, penetapan Lapangan Manunggal sebagai CFD sejalan dengan program Kota tanpa kumuh (Kotaku) Dinas Perkim LH Kabupaten Kebumen dalam melakukan penataan kota Beriman.

    Program itu sejalan dengan misi Dewan Tata Kota (Dakota) Gombong yang sudah terbentuk sebelumnya. Dakota yang terdiri dari sejumlah elemen masyarakat di Gombong itu memiliki misi melakukan penataan Kota Gombong secara menyeluruh.

    Khusus soal CFD di lapangan Manunggal, kata Supoyo, pihaknya menggelar simulasi beberapa kali. Tujuannya, agar Lapangan Manunggal benar-benar siap menjadilokasi CFD.

    "Kebersihan menjadi titik tekan dalam CFD di Lapangan Manunggal. Dimana selain harus bebas dari asap kendaraan, CF juga harus bebas asap rokok atau menjadi kawasan KTR (Kawasan tanpa rokok).

    Selain itu, ke depan para pedagang juga akan ditata dengan baik. Semua itu dilakukan untuk mewujudkan Gombong sebagai ," ujar Supoyo bersama Kabid Tibum Satpol PP Kebumen, Katut, ditemui Minggu.

    Sementara itu, Ketua Dakota Gombong, Herwin Kunadi menyampaikan, menjadikan Lapangan Manunggal sebagai lokasi CFD membutuhkan persiapan matang agar benar-benar bisa menjadi sarana berkumpul dan hiburan bagi warga masyarakat. Penataan yang rapi dan menjaga kebersihan mutlak dilakukan.

    "Kami berharap, Pemkab dapat membuat sebuah ruang publik yang nyaman indah bersih dan asri," katanya.

    Sejumlah warga ditemui menyambut antusias rencana menjadikan Lapangan Manunggal sebagai kawasan CFD. Eli Telon, warga, berharap CFD di lapangan Manunggal tidak sekedar membuat Kota Gombong lebih rapi. Namun, dapat membantu masyarakat khususnya para pedagang dari sisi ekonomi. "Banyak pengunjung datang dari banyak kalanngan dari anak-anak hingga dewasa. Harapannya, para pedagang mendapat manfaat, yakni para pengunjung CFD yang membeli barang dagangan mereka," kata Eli.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top