BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Senin, 07 Januari 2019

    Aksi Dalang Cilik Prama-Raffi Pukau Pejabat di Kebumen

    foto saefur/kebumenekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Dua dalang cilik asal Jakarta, Prama Reza Fadliansyah  (13) dan Raffi Ramadhan (11), kembali tampil di depan publik di Kebumen. Kali ini, mereka membawakan lakon Dasamuka Lena atau Brubuh Alengka di hadapan para pejabat di Kebumen, Sabtu malam (5/1/2019) kemarin.

    Mereka pun membawakan lakon itu dengan apik pada acara peresmian panggung terbuka Gedung Kominfo dan peresmian sejumlah proyek di Kabupaten Kebumen itu. Pentas wayang ini, sekaligus dalam rangka pengabdian masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Jakarta di Kebumen.

    Kendati lahir dan besar di Jakarta, Ki Dalang Prama Reza Fadliansyah, tak kesulitan membawakan antawacana (dialog) dalam Bahasa Jawa. Lakon yang menceritakan perjuangan Raja Rama merebut kembali istrinya yang diculik Raja Alengka, Dasamuka itupun mengalir dengan apik.

    Dan, yang membuat penonton terpukau, sabetan Prama Reza begitu rancak. Mengingatkan para penggemar wayang kulit atas aksi Dalan kondang, Ki Bayu asal Solo. Sejatinya, penampilan memukau Prama-Raffi tidaklah mengejutkan. Mereka saat ini merupakan Duta Budaya Internasional yang belum lama ini pentas di India dan Moscow. Dan pada bulan April 2019 mendatang dijadwalkan pentas di Korea Selatan. "Kabar baiknya, Prama-Raffi dijadwalkan bakal kembali mentas di Kebumen pada Agustus 2019 mendatang, turut menyemarakkan perayaan Hari Jadi Kebumen ke390," kata Humas Unindra Jakarta Jateng-DIY, Ir Joko Waluyo..

    Rektor Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Profesor Dr  H Sumaryoto menyampaikan, pihaknya membuka pintu seluas-luasnya untuk bekerja sama dengan Pemkab Kebumen. Baik dalam pengembangan seni budaya maupun sektor lainnya. Muaranya, pembangunan di Kebumen akan terus meningkat. "Kami membuka pintu seluas-luasnya untuk menjalin kerja sama dengan Pemkab Kebumen," ujar akademisi kelahiran Desa Banyumudal, Kecamaan Buayan, Kebumen tersebut.

    Kepala Diskominfo Kabupaten Kebumen, Cokro Aminoto menyampaikan, acara kemarin sekaligus menandai beroperasinya panggung terbuka Seni Pertunjukkan Rakyat sekaligus pembangunan kompleks kantor Diskominfo yang selama ini "numpang" di Dinas Perhubungan.

    Adanya kantor baru apalagi dilengkapi dengan gedung pertunjukan, imbuh Cokro, diharapkan bisa mewadahi para seniman di Kebumen. "Ke depan, pertunjukan rakyat akan rutin digelar di panggung terbuka," imbuh Cokro.

    Hadir pada acara kemarin, Wakil Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen Ujang Sugiyono, Wakil Kettua DPRD Kebumen, Miftahul Ulum dan jajaran pejabat di Kabupaten Kebumen. (cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top