• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Selasa, 11 Desember 2018

    Transmisi Rusak, Fasilitas Minum Gratis di Alun-alun Kebumen "Macet"

    fotosaefur/ekspres
    KEBUMEN  (kebumenekspres.com)- Sejumlah warga mengeluhkan terganggunya fasilitas  Kran Air Siap Minum (KSAM) yang berada di alun-alun Kebumen. Ini setelah fasilitas minum gratis milik Pemkab itu tak berfungsi dalam beberapa hari terakhir. Padahal kran tersebut banyak dimanfaatkan warga untuk minum usai berolahraga baik pagi hari atau pada saat Car Free Day (CFD).



    "Sudah dari kemarin Jumat sore saya mau minum tidak ada airnya. Ini malah sampai CFD nggak ngalir juga," kata Suparyo (45) warga Desa Bumirejo Kebumen kepada Ekspres Minggu (9/12/2018)

    .

    Hal senada juga diungkapkan oleh Anjar Septadi (26) warga Kecamatan Klirong. Dia mengatakan, pada Sabtu malam lalu,air juga tidak mengalir.

    "Meh minum tapi kosong," kata pria yang juga anggota Serikat Foto Indonesia (SFI)

     itu.

    Mereka berharap, Pemkab melalui dinas instansi terkait segera melakukan perbaikan. Mengingat, fasilitas yang ada di depan pintu gerbang Setda Kebumen itu sangat mereka rasakan manfaatnya.

    Apalagi, fasilitas tersebut belum lagi setahun beroperasi sejak resmi diluncurkan pada 22 Desember 2017u.

    "Belum ada satu tahun sudah sering tidak mengalir, kami berharap kran ini dirawat dan petugas harus sering mengontrol," kata Anjar.



    Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Perkim dan LH yang juga anggota Dewan Pengawas PDAM Kebumen, Edi Riyanto, menyampaikan belum menerima informasi resmi soal macetnya KSAM di alun-alun Kebumen. Namun demikian, dua minggu sebelumnya, Edy telah mendengar adanya kerusakan transmisi listrik milik PDAM di Sempor. Kerusakan itu menyebabkan pasokan air tersendat.

    Sebagai alternatifnya, telah diupayakan menggunakan sumber lain. Namu kapasitasnya tak sebesar di Sempor. Kapasitas debit dari Sempor 80m3 perdetik. Untuk saat ini karena menggunakan sumber lain 50 m3 detik atau ada kekurangan 30 m3perdetik. Jadi, pasokan air tersebut berkurang sehingga berpengaruh terhadap KSAM alun-alun Kebumen."Karena kondisinya seperti itu, PDAM saat ini harus memilih prioritas kepada pelanggan," imbuhnya dihubungi via ponsel pribadinya, Seni malam tadi.

    Yang pasti, pihaknya tidak berdiam diri dengan terganggunya KSAM alun-alun. Saat ini, trafo  transmisi listrik pengganti yang rusak tengah diupayakan penggantinya dengan memesan yang baru.. "Sudah inden. Mudah-mudahan yang lama dan rusak secepatnya bisa diganti," katanya, Senin (10/12/2018)).

    Pada bagian lain, Edy meminta maaf kepada warga masyarakat Kebumen. Diapun berterimakasih kepada warga masyarakat yang memberitahukan adanya gangguan pada fasilitas KSAM tersebut. "Kami akan cek besok pagi (hari ini) agar cepat teratasi dan warga dapat kembali menggunakan fasilitas ini," ujar pejabat asal Blora tersebut.(saefur/cah)




    Berita Terbaru :


    Scroll to Top