HONDA VARIO

  • Berita Terkini

    Minggu, 09 Desember 2018

    Tradisi Pedang Pora Sambut AKBP Pardede Jadi Kapolres Kebumen

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)  Robertho Pardede resmi menjalankan tugas sebagai Kapolres Kebumen. Tradisi pedang pora di Mapolres Kebumen,  Sabtu (8/12/2018), menyambut kedatangan Kapolres baru Kebumen tersebut.

    Upacara yang dipimpin Wakapolres Kompol Prayuda Widiatmoko itu jgua dihadiri para perwira dan keluarga besar Polres Kebumen.  Begitu tiba di depan pintu gerbang Mapolres Kebumen, AKBP Robertho Pardede bersama isteri By. Joise Pardede langsung disambut dengan pengalungan karangan bunga dan barisan Pedang Pora para Perwira Polres Kebumen.

    Kasubbag Humas Polres Kebumen AKP Suparno, menyampaikan, penyambutan dengan tradisi Upacara Pedang Pora merupakan tradisi turun-temurun Polres Kebumen saat menyambut pimpinan (Kapolres) maupun pejabat Polri lainnya.

      "Pedang Pora sebagai bentuk penghormatan kepada Kapolres Kebumen. Upacara ini sudah turun-temurun," jelas AKP Suparno.

    Sebelumnya, pada Jumat malam, AKBP  Robertho Pardede bertemu publik dan unsur Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Kebumen sekaligus pisah sambut dengan Kapolres Kebumen sebelumnya, AKBP Arief Bahtiar.  Tak kurang dari 600 tamu undangan, mengikuti malam pisah sambut ini.

    Bukan hanya tamu dari Forkopimda saja yang hadir.
     Namun sejumlah organisasi masyarakat termasuk komunitas Difabel, juga turut hadir pada acara yang digelar di Gedung Setda Kabupaten Kebumen tersebut.

    Saat itu, pejabat lama AKBP Arief Bahtiar yang bakal mengemban tugas baru sebagai Kapolres Demak berpamitan kepada seluruh tamu undangan yang hadir.

     Suasana haru sempat mewarnai perpisahan dengan AKBP Arief. Maklum, selama menjabat Kapolres Kebumen, Arief  tergolong dekat dengan masyarakat Kebumen. Pembawaannya luwes dan santun serta ramah melekat kuat pada AKB Arief.

    Sementara itu, AKBP Robertho Pardede berkesempatan mengenalkan diri kepada tamu undangan yang hadir dalam acara itu.

     Sebagai Kapolres baru, AKBP Pardede menyampaikan akan sesegera mungki  menyesuaikan di Kebumen sekaligus menjalankan tugas sebaik mungkin.  "Kami sekeluarga kulo nuwun, mohon izin gabung menjadi bagian Kabupaten Kebumen," ujarnya.

    AKBP  Robertho Pardede juga menyatakan terimakasihnya kepada AKBP Arief Bahtiar yang memiliki kinerja baik di Kebumen. Dia berjanji, bakal melanjutkan program yang telah berjalan.

     Salah satunya, umroh gratis yang ia pastikan akan tetap berjalan.

    Hal itu ia sampaikan saat
    kegiatan Laporan Kesatuan atau Lapsat setelah pelaksanaan tradisi Upacara Pedang Pora, Sabtu (8/12) siangd i Gedung Tribrata Polres Kebumen.

    Sebagai pejabat baru, AKBP Robertho Pardede sekaligus memperkenalkan diri kepada para personel Polres Kebumen.

     AKBP Robertho Pardede siap memimpin Polres Kebumen untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Kebumen.

    "Apa yang telah berjalan akan kami lanjutkan. Kami ucapkan terimakasih banyak kepada AKBP Arief Bahtiar yang telah membuat terobosan di Polres Kebumen," kata AKBP Robertho Pardede

    Seperti diketahui, sesuai telegram Kapolri pada bulan Oktober 2018 lalu, AKBP Robertho Pardede harus menduduki jabatan baru,  dari Kapolres Wonogiri menjadi Kapolres Kebumen.

     Selanjutnya AKBP Arief Bahtiar sebagai pejabat lama, pada surat Telegram yang sama akan bergeser ke Demak, menjadi Kapolres di Demak.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top