• Berita Terkini

    Sabtu, 08 Desember 2018

    Tanggul Sungai Jebol, Rendam Rumah Penduduk di Sugihwaras

    fotoBPBDKEBUMEN
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Hujan deras yang mengguyur Kebumen Jumat malam hingga Sabtu dini hari (7-8/12/2018), ternyata menimbulkan bencana pada sejumlah titik di Kota Beriman. Selain banjir dan longsor, tanggul sungai Daerah Aliran Sungai (DAS) Telomoyo, persisnya di Desa Sugihwaras Kecamatan Adimulyom dilaporkan jebol.

    Pusadaplop Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen melaporkan, jebolnya tanggul sungai Telomoyo terjadi Sabtu dini hari (8/12/2018) sekitar pukul 02.00 WIB. Jebolnya tanggul sepanjang 10 meter dengan lebar 6 meter itu membuat air limpas dan menggenangi perumahan warga serta areal persawahan. Selain itu, dam irigasi yang berada dekat tanggul ikut terancam.

    Selain di Adimulyo, tanggul jebol juga dilaporkan terjadi di Kecamatan Karanganyar, persisnya Desa Sekarteja kecamatan setempat, Jebolnya tanggul sepanjang sekitar 4 meter ini bahkan mengancam pembangunan rel ganda PT KAI yang tengah dikerjakan saat ini.

    Dilokasi lain di Desa Sekarteja, terjadi tanggul jebol panjang sekitar 4 meter. Air menggenangi pemukiman warga setinggi 50 cm.

    Pada bagian lain, banjir mengakibatkan rumah milik Parlan, warga Desa Semali, Kecamatan Sempor mengalami kerusakan.


    Sejauh ini, tidak ada laporan korban dalam sejumlah peristiwa bencana tersebut. Saat ini, BPBD Kebumen tengah menginventarisir bencana di kota beriman.

    "Kami juga tengah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk penanganan," kata Kabid Penanggulangan BPBD Kebumen, Drs Muhyidin, didampingi Bako Humas, Heri Purwoto, Sabtu.

    Selain itu pihaknya juga menghimbau saat ini curah hujan tinggi warga harus meningkatkan kewaspadaan jika terjadi bencana(saefur/cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top