Honda Vario Duo 20-21 Feb 2019

  • Berita Terkini

    Sabtu, 15 Desember 2018

    Muhajir Abdikan Hidupnya untuk Sepak Bola Kebumen

    Muhajir/fotoistimewa
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Muhajir. Nama itu tak asing bagi dunia sepak bola di Kebumen. Sebagai pendiri dan pelatih Sekolah Sepak Bola  Indonesia Muda (SSB IM) Kebumen, hampir seluruh hidupnya ia dedikasikan untuk perkembangan sepak bola kota ini.

    Kiprah Muhajir erawal saat dia mendirikan SSB IM Kebumen tahun 1989 silam. Sudah ratusan bahkan mungkin ribuan atlet sepak bola lahir berkat tangan dingin pria yang beralamat di  Gang Teratai Kebumen tersebut.

    Termasuk Cahyo Mardiyanto, yang juga jebolan IM Kebumen dan kini menangani SSB dan klub yang membesarkannya itu.

    Sebuah kenangan manis dirasakan Cahyo. Di tahun 1990, IM Kebumen mengikuti pertandingan usia dini di Jateng. Tim asuhan Muhajir ini masuk babak semifinal dan hanya kalah dari Fortuna Ungaran dengan skor tipis 0-1. SSB IM Kebumen akhirnya menjadi juara 3 bersama. . "Prestasi yang luar biasa mengingat SSB IM Kebumen baru berusia 1 tahun ,"imbuh Cahyo.

    Belum lagi prestasi-prestasi yang lain. Selain tentang prestasi, dedikasi dan totalitas Muhajir mengembangkan sepak bola di Kebumen sulit dicari tandigannya. Sebagai tenaga honorer, Muhajir juga mengampu ekstra kurikuler sepak bola di SMP 2 Kebumen.

    Di saat yang sama, tentu saja, Muhajir membina IM Kebumen.  "Muhajir menaruh jiwa raganya betul-betul buat sepak bola Kebumen agar lebih maju. Ini bisa dibuktikan dengan dedikasinya yang tinggi di lapangan tanpa merasa lelah. Hujan maupun panas asal ada pemain beliau siap membina," papar Cahyo.

    Totalitas juga ditunjukkan Muhajir saat menjadi bagian tim Persak Kebumen. Sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap peralatan, Muhajir selalu total mendukung Persak Kebumen. "Kontribusinya sangat luar biasa baik buat rekan pengurus maupun pemain. Beliau  multitalenta. Semoga keikhlasan beliau mendapat imbalanNya," kata Cahyo.

    Sebagai bentuk apresiasi sekaligus penghormatan, IM Kebumen menggelar  turnamen sepak bola KU-13 bertajuk "Muhajir Cup" yang digelar di Stadion Chandradimuka, Minggu (16/12/2018).

    Sebanyak 8 tim dijadwalkan mengikuti turnamen ini. Cahyo Mardiyanto menyampaikan, peserta berasal dari SSB di Kabupaten Kebumen. Mereka masing-masing, Spenaga, Perseka, IM Kutowinangun, Putra Mandiri yang tergabung dalam grup A.

    Sementara di grup B, terdiri dari IM Kebumen, Lukulo, Alamsari dan Junior. "Rencananya turnamen berlangsung satu hari," imbuh Cahyo. (cah/saefur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top