HONDA DUO

  • Berita Terkini

    Senin, 03 Desember 2018

    Masyarakat Kebumen Dihimbau Biasakan Makanan Produk Lokal

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Kebutuhan pangan sangat penting untuk dipastikan keamanannya. Untuk itu Pemkab Kebumen mengajak masyarakat untuk membiasakan mengkonsumsi makanan produk lokal. Selain untuk mengoptimalkan potensi, makanan lokal juga lebih dapat dipastikan kesehatannya.

    Untuk itu makanan seperti sayuran, beras dan buah-buahan  jika memugkinkan sebaiknya mengambil dari produk lokal. Lebih baik lagi jika dalam rumah tangga dapat memanfaatkan sisa lahan halaman atau pekarangan untuk ditanami sayuran atau buah-buahan.

    Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kebumen (Distapang) Ir Pudjirahaju saat acara Lomba Cipta Menu tingkat Kabupaten Kebumen di Alun-alun menyampaikan Hari Pangan Sedunia harus menjadi momentum keluarga untuk mengkampanyekan gerakan konsumsi produk lokal. Menurutnya, hal tersebut harus dilakukan mulai dari keluarga agar anak-anak untuk mengkonsumsi makanan sehat. “Gerakan ini harus dilakukan bersama baik pemerintah maupun masyarakat," tuturnya, Minggu (2/12) di Alun-alun Kebumen.

    Pudji menegaskan, Pemkab Kebumen juga menggandeng Tim penggerak PKK dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) untuk mengkampanyekan makanan produk lokal. Perempuan dalam hal ini menjadi salah satu elemen penting dalam menyediakan makanan di rumah. Bukan hanya menyediakan saja, diharapkan orang tua juga dapat memberikan contoh makanan yang sehat. "Komitmen para orang tua menjadi sangat penting untuk memberikan pembelajaran makan makanan produk lokal," katanya.

    Ketersediaan produk makanan lokal, di Kebumen dipastilkan selalu tercukupi dari hasil pertanian. Terutama terkait beras, pasalnya di hasil pertanian beras di Kebumen  selalu surplus setiap tahunnya.  Sedangkan untuk buah dan sayur juga menjadi salah satu hasil pertanian yang cukup baik di Kebumen. "Masyarakat juga dapat menanam sendiri sayur dan buah di sekitar rumah yang hasilnya dapat dikonsumsi sendiri," terang Pudji.

    Adapun, terkait lomba cipta menu tingkat Kabupaten Kebumen diikuti tim Tim Penggerak PKK kecamatan se Kebumen. Hasil lomba, Juara I diraih oleh Tim PKK Kecamatan Adimulyo, disusul Juara II PKK Karangsambung. Sedangkan Juara 3 diraih PKK Poncowarno. Para juara mendapatkan piagam, uang pembinaan dan tropi. Khusus PKK Adimulyo, berhak mewakili Kebumen Lomba Cipta Menu Tingkat Provinsi Jawa Tengah. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top