Honda Vario Duo 20-21 Feb 2019

  • Berita Terkini

    Kamis, 06 Desember 2018

    Madu Melimpah, Berkah Pemburu Madu di Musim Hujan

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Awal musim hujan menjadi berkah tersendiri bagi para peternak dan pemburu lebah madu. Pasalnya kini di alam madu melimpah. Ini lantaran turunnya hujan, membuat beberapa varietas tumbuhan berkembang dan berbunga.

    Bukan hanya itu saja, beberapa lebah yang besarang di lubang pohon, lubang tanah  dan lainnya biasanya akan mencari tempat baru untuk bersarang. Ini lantaran sarang yang dihuni sebelumnya kemasukan air sehingga lebah menjadi tidak nyaman. Hijrahnya para lebah dari sarang alam dimanfaatkan oleh para peternak untuk membuat sarang jebakan.

    Sarang jebakan yang dibuat oleh para peternak dan ditempatkan di alam. Biasanya lebah yang sedang mencari sarang baru akan menghuninya. Setelah sarang berisi koloni lebah, peternak akan menempatkan sarang ditempat yang mudah dijangkau. “Saat ini kami sedang memanen sarang lebah hutan. Hasilnya lumanyan banyak,” tutur salah satu peternak lebah Albait (30), Rabu (5/12/2018).

    Warga RT 1 RW 1 Desa Kebulusan Pejagoan ini memang telah menekuni dunia perlebahan selama tiga tahun. Menurutnya pasang surut sudah menjadi dinamika dalam mengelola peternakan lebah. “Lebah alam lebih ganas. Mungkin karena mereka jarang bersentuhan dengan manusia,” paparnya.

    Dijelaskannya,tidak jarang lebah yang berhasil ditangkarkan bubar karena suatu hal. Kotak yang kosong, akan diisi kembali dengan lebah hasil tangkapan hutan. Jika tidak demikian dapat pula dilaksanakan pecah koloni. Asal koloni sudah memenuhi syarat maka dapat dipecah untuk memperbanyak. “Itu sudah menjadi bagian dari perawatan peternakan. Ada yang bubar, ada yang berkembang ada pula yang stabil,” katanya.

    Albait juga menjelaskan saat musim hujan, beberapa sarang lebah rawan terserang jamur. Untuk itu  perawatan lebih mutlak diperlukan.  Kotak lebah harus selalu dalam keadaan kering agar tidak lembab. Hal ini pula akan memberikan suhu hangat bagi lebah dan mencegah tumbuhnya jamur. 

    “Jika tidak ada perawatan ekstra, bisa jadi koloni lebah akan musnah. Jika itu yang terjadi maka peternak akan mengalami kerugian yang cukup besar. Sebab koloni lebah menjadi aset yang sangat berharga bagi peternak,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top