BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA CRF

    Kamis, 20 Desember 2018

    Jelang Natal, FKUB Kebumen Ingatkan Kembali Toleransi Beragama

    Dawamudin Masdar
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Persiapan terus dilakukan menjelang perayaaan Natal 2018 dan tahun baru 2019. Menghadapi momen itu, segenap elemen masyarakat Kebumen diminta  tetap menjaga suasana  damai dan kondusif. Ini dilaksanakan dengan menumbuhkembangkan semangat kerukunan dan jiwa toleransi.

    Himbauan agar selalu menjaga situasi kondusif disampaikan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kebumen Dawamudin Masdar MAg.  Dawamudin Masdar menyampaikan mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim. Namun demikian, di saat umat Nasrani menjalankan ritual Natal, warga muslim di Kebumen diminta memberikan ruang dan waktu kepada umat Nasrani.

    “Dengan saling menghormati dan menghargai satu sama lain, maka kerukunan antar umat akan terjaga dengan baik,” tuturnya, kepada Ekspres, Rabu (19/12/2018).

    Ditegaskan Dawam, sebagai sesama warga Indonesia berkewajiban untuk mempererat Ukhuwah Wathaniyah atau persaudaraan sesama warga negara. Toleransi menjadi salah satu unsur untuk menjaga persudaraan sesama warga Indonesia. Toleransi mendasari terwujudnya  kondusifitas dalam kemajemukan hidup berbangsa dan bernegara. “Negara ini dibangun dengan kesadaran bersama antar sesama. Negera ini didirikan atas keinginan bersama untuk dapat hidup bersama secara nyaman,” paparnya.

    Kedewasaan dalam memahami perbedaaan, lanjutnya, merupakan hal yang sangat penting. Terlebih di tahun politik seperti sekarang ini. Jangan sampai hanya karena beda preferensi politiknya lalu berantem dan tidak rukun.

    Padahal sudah menjadi kewajiban sebagai warga negara Indonesia untuk mempertahankan keutuhan dan tegaknya Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Kita harus bisa mengambil pelajaran  dari peristiwa tragis di Negara Suriah, Iraq, Afganistan, Libia dan lain  sebagainya. Mereka saling berantem antar sesama warga negara, dan akhirnya masing-masing negara itu hancur berantakan,” jelasnya.

    Dalam kesempatan tersebut, atas nama Ketua FKUB Kebumen, Dawamudin mengucapkan Selamat merayakan Natal 2018 Kepada umat Nasrani dan selamat memasuki Tahun Baru 2019. Semoga tahun depan akan selalu lebih baik dari tahun sebelumnya. “Akhir tahun menjadi waktu yang tepat untuk mengevaluasi apa yang telah dilakukan. Selain itu juga untuk menyiapkan langkah ke depan,” ucapnya.(mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top