Honda GTR

  • Berita Terkini

    Selasa, 11 Desember 2018

    Gempa Wonosobo Terasa di Banjarnegara

    BANJARNEGARA - Gempa bumi tektonik yang terjadi di Wonosobo dirasakan sebagian masyarakat Banjarnegara. Gempa bumi dengan kekuatan 2.7 SR ini terjadi Senin (10/12/2018) pukul 20:05:40 WIB.

    Warga Desa Kasmaran Kecamatan Pejawaran Tahmid mengatakan gempa terjadi sekitar 10 detik. "Saat itu saya sedang menulis. Terasa diayunkan ke utara selatan," terangnya. Ayunan akibat gempa terjadin sekitar lima kali.  Namun tidak kencang. Sehingga tidak menimbulkan kerusakan.

    Akibat gempa, sejumlah warga keluar. "Warga yang keluar nanya ke warga lain, apa juga merasakan gempa," ujarnya.

    Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie mengatakan berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=2,7 terjadi dengan koordinat episenter pada 7.42 LS dan 109.87 BT. Tepatnya berlokasi di darat pada jarak tujuh kilometer arah Barat Daya Kabupaten Wonosobo.

    Pusat gempa ada pada kedalaman 11 kilometer. Menurut dia, jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

    Hingga pukul 21:24 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).  "Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya," himbaunya.(drn)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top