• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Kamis, 20 Desember 2018

    Camat Perempuan di Kebumen Bakal Ditambah 20 Persen

    istimewa
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)  - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen berkomitmen menambah peran perempuan dalam posisi-posisi strategis. Salah satunya, untuk jabatan Camat yang akan diberikan kuota 20 persen. Mengingat, sampai saat ini baru ada dua camat perempuan di Kabupaten Kebumen.

    Hal itu disampaikan Wakil Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, yang baru saja menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Utama di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (19/12/2018).

    "Sekarang kan baru ada dua camat perempuan, Camat Petanahan dan Buluspesantren. Ke depan, Pemkab akan berusaha memberikan kuota 20 persen perempuan untuk posisi camat di Kabupaten Kebumen," ujarnya.

    Yazid mengungkapkan itu sebagai bentuk komitmen Pemkab dalam rangka memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada perempuan untuk menduduki berbagai posisi strategis. Baik di masyarakat maupun di lingkungan Pemkab Kebumen. Termasuk, di dalamnya menambah jumlah perempuan yang duduk di DPRD.

    Sementara terkait penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Utama, Yazid mengatakan ini merupakan penghargaan kali kelima yang diterima oleh Pemkab Kebumen. Penghargaan APE 2018 diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (19/12).

    Yazid Mahfudz, mengatakan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tingkat Utama yang diraih Kabupaten Kebumen ini menunjukkan adanya peningkatan komitmen pemerintah daerah dari tahun ke tahun. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kategori penghargaan yang diperoleh dari kategori madya menjadi utama.

    "Alhamdulillah bisa naik kelas. Ini menunjukkan bahwa Pemkab Kebumen semakin tahun semakin meningkat perhatiannya terhadap pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak," tegas Yazid Mahfudz, didampingi Kepala Dispermades P3A Kebumen Moh Amirudin dan Kepala Dinas Kominfo Kebumen, Cokro Aminoto, usai menerima penghargaan.

    Ia mengungkapkan, pihaknya akan mempertahankan prestasi ini dan akanterus meningkatkan pelayanan, khususnya kepada perempuan. Sehingga kedepannya penghargaan kategori mentor dapat diraih Pemkab Kebumen.  "Ini atas kerjasama yang baik semua pihak. Baik antar OPD hingga masyarakat Kabupaten Kebumen," ujarnya.

    Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018 diberikan kepada 9 Kementerian/Lembaga, 22 Pemerintah tingkat Provinsi (Pemprov), dan 159 Pemerintah Tingkat Kabupaten/Kota (Pemkab/Pemkot). APE adalah sebuah penghargaan sekaligus bentuk apresiasi Pemerintah atas komitmen dan peran para pemimpin K/L dan Pemda yang telah melaksanakan dimensi operasional pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan perempuan.

    Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) melakukan evaluasi pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) dan memberikan penghargaan APE sejak tahun 2004.
    Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dibagi menjadi 4 kategori, yaitu Pratama, Madya, Utama, dan Mentor. Selain keempat kategori  tersebut, Penghargaan Khusus juga diberikan kepada Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengingat peran aktif Menko PMK dalam menggerakkan strategi PUG dalam pembangunan.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top