Honda

Honda
Jogja
  • Berita Terkini

    Jumat, 14 Desember 2018

    6 Peserta CPNS Kebumen Otomatis Dinyatakan Lolos

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Sebanyak enam pelamar langsung dinyatakan lolos menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemkab Kebumen , tanpa harus mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Keenamnya merupakan pelamar dari jalur honorer kategori II (K 2) yang lolos passing grade pada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Magelang, beberapa waktu lalu.

    "Sesuai aturannya begitu. Untuk yang dari (honorer) K2 otomatis lolos," terang Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Kabupaten Kebumen, Supriyandono, disela-sela memantau tes SKB di GOR Satria Purwokerto, Kamis (13/12/2018).

    Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 36 Tahun 2018, disebutkan , bahwa mekanisme/sistem pendaftaran untuk eks tenaga honorer kategori II itu dilakukan tersendiri di bawah koordinasi BKN.

    Pendaftar dari tenaga pendidik dan tenaga kesehatan dari eks tenaga honorer kategori II yang telah diverifikasi dokumennya, menurut Peraturan Menteri PAN RB itu, wajib mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Namun, tidak diberlakukan Seleksi Kompetensi Bidang (SKD),” bunyi Peraturan Menteri PANRB itu.

    Menurut Peraturan Menteri PAN RB itu, pengalaman selama sepuluh tahun dan terus-menerus menjadi tenaga pendidik dan tenaga kesehatan dari eks tenaga honorer kategori II ditetapkan sebagi pengganti SKB.

    Seleksi Kompetensi Bidang untuk CPNS Pemkab Kebumen diselenggarakan selama dua hari di GOR Satria Purwokerto, Kamis dan Jumat (13-14/12). Sebanyak 1.087 pelamar dinyatakan lolos Seleksi Kompetensi Dasar dan dinyatakan berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang.

    Namun, karena enam orang dinyatakan langsung lolos, maka yang mengikuti seleksi lanjutan tersebut sebanyak 1.081 pelamar. 

    Pada Kamis (13/12), sebanyak 1.019 pelamar mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang. Yang dibagi menjadi tiga sesi, yakni sesi pertama diikuti oleh 79 peserta, sesi kedua dan ketiga diikuti oleh masing-masing 470 peserta.  "Sesi pertama digabung dengan peserta dari Kabupaten Banjarnegara. Sedangkan,  pada Jumat (14/12) peserta yang mengikuti SKB sebanyak 62 pelamar," ujarnya.

    Untuk pengumuman peserta yang lolos seleksi kompetensi bidang rencananya dipastikan akan diumumkan tetap pada Desember ini. Namun, pihaknya masih menunggu keputusan dari Panselnas. "Kita tunggu dari BKN dan Panselnas, sepertinya seminggu setelah Seleksi Kompetensi Bidang," imbuhnya.

    Untuk diketahui, materi soal SKB CAT menyesuaikan bidang masing-masing jabatan dan jurusan. Misalnya SKB guru  soalnya tidak jauh-jauh dengan bahasan Jabatan Fungsional, ilmu pendidikan, teknik mengajar, profesionalisme pendidik.

    Untuk jumlah peserta SKB menurut Permen PAN RB Nomor 36, maksimal tiga orang yang dinyatakan lolos passing grade maupun perangkingan ditiap formasi jabatan.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top