HONDA VARIO

  • Berita Terkini

    Jumat, 09 November 2018

    Pohon Asam Belanda Depan Kantor Disdik Kebumen Tumbang

    Saefur Rohman / Kebumen Ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Hujan deras mengguyur kota Kebumen sejak Jumat (9/11/2018) sore membuat pohon Asam Belanda di depan kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kebumen, tumbang.

    Informasi yang berhasil dihimpun pohon setinggi sekitar 10 meter itu roboh sekitar pukul 16.00 WIB dengan batang terbelah menjadi tiga bagian.  "Itu pohon Asam Belanda, Mas. Batangnya berduri. Roboh tadi sore," kata Catur Wibowo (40) penjaga Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen ditemui Kebumen Ekspres dil okasi kejadian.

    Pohon yang memiliki duri tajam itu berhasil dievakuasi oleh relawan PMI Kebumen dengan menggunakan gergaji mesin (Chainshaw).

    Kepala Markas PMI Kebumen, Eko Purwanto, mengatakan pihaknya menugaskan para relawan untuk mengecek lokasi dan membawa peralatan pemotong kayu. "Kami mendapat laporan via Whatsapp ada pohon tumbang di depan kantor Disdik,. Kami segera tugaskan relawan untuk cek ke lokasi," katanya.

    Dalam kondisi hujan, para relawan memotong sebagian dahan dan ranting lalu mengumpulkannya disatu tempat usai mendapat persetujuan oleh penjaga. "Kami mengumpulkannya menggunakan kain bekas untuk bisa menarik dan mengangkatnya karena pohonnya berduri rajam," kata salah satu relawan PMI, Bandriyo (31)

    Sementara itu, Kabid Kebersihan Petamanan, Agus Hanafi,  menyampaikan penyebab robohnya pohon itu disinyalir karena akar pohon yang rapuh. "Pohonnya berduri, mungkin karena akarnya rapuh," katanya.

    Akibat kejadian tersebut, Catur mengungkapkan,pihaknya akan mengecek pohon di sekitar kota yang memiliki kerawanan untuk roboh. "Masyarakat harus waspada, kami akan cek pohon yang rawan, jika sudah rimbun akan kami pangkas," ujarnya. (Saefur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top