• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Kamis, 15 November 2018

    MTsN 1 Kebumen Bawa Pulang 4 Gelar dari Ajang Lomba Macapat

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Prestasi membanggakan kembali diraih oleh siswa MTs Negeri 1 Kebumen. Kali ini siswa-siswi MTs Negeri 1 Kebumen berhasil meraih empat juara pada ajang Lomba Macapat, Geguritan, Sesorah, dan Karawitan Siswa SMP/MTs Se-Kabupaten Kebumen.


    Lomba dilaksanakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jawa SMP Kabupaten Kebumen. Pelaksanaan lomba di Kampung Jawa Kebumen, tepatnya di Desa Ambalresmi Kecamatan ambal, Selasa (13/11/2018). Adanya prestasi yang diraih itu, menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Jawa di MTsN 1 Kebumen pantas mendapat apresiasi.

    Adapun empat siswa yang berhasil siswa MTsN 1 Kebumen yang berhasil meraih kejuaraan dalam ajang tersebut yakni Dafa Oktarian Azhari berhasil meraih Juara I dalam cabang Geguritan (Putra). Itman Haikal Tanzaih dan Nadia Aulia Zahra berhasil memperoleh Juara III dalam cabang Macapat (Putra) dan Geguritan (Putri). Sedangkan Chumaera Mohtika menjadi Juara Harapan I dalam Cabang Sesorah (Pidato Bahasa Jawa).

    “Keempat siswa tersebut berhasil menyisihkan ratusan peserta yang berasal dari SMP/MTs di Kabupaten Kebumen. Seluruh peserta lomba sebanyak 294 siswa yang terbagi dalam 102 peserta cabang Geguritan, 96 cabang Macapat, 96 cabang Sesorah dan ditambah 9 kelompok karawitan,” tutur Waka Kurikulum MTsN 1 Kebumen Salim Wadzy MPd.

    Ketua Panitia Pelaksana Sihabudin menyampaikan, seharusnya kegiatan lomba telah dilaksanakan pada Oktober kemarin. Namun dikarenakan kegiatan sekolah di tingkat kabupaten padat, waktu penyelenggaraan baru bias dilaksanakan saat ini. “MGMP Bahasa Jawa merasa memiliki tanggung jawab moral untuk menjaga keberlangasungan hidup Bahasa dan Budaya Jawa di tengah percepatan informasi dan teknologi. Lomba ini menjadi indicator bahwa Bahasa dan Budaya Jawa masih ada,” jelasnya.

    Kepala Dinas Pendidikan Kebumen Ahmad Ujang Sugiono SH melalui Dra Aminah MM dalam sambutannya memberikan apresiasi atas kinerja panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut. Kegiatan ini perlu didukung oleh semua pihak terutama Dinas Pendidikan yang membidangi kebudayaan. “Diharapkan MGMP Bahasa Jawa membuat agenda runtin dalam pengembangan Bahasa dan Budaya Jawa. Saat ini, Dinas Pendidikan melalui Kampung Jawa Kebumen memfasilitasi berbagai pelatihan untuk para siswa dan guru pendamping. Dianataranya Gladhi Basa, Karawitan, dan lain sebagainya,” jelasnya.

    Kepala MTs Negeri 1 Kebumen H Muhamad Siswanto MPdI sangat mengapresiasi prestasi yang diraih anak didiknya. Menurutnya sebagai orang Jawa, siswa harus mengenal nilai-nilai budaya Jawa. Karena itulah MTsN 1 Kebumen mendukung penuh pengembangan pembelajaran Bahasa Jawa di madrasahnya.

    Itu dilaksanakan baik dalam pembelajaran maupun kegiatan ekstrakurikuler. Saat ini MTsN 1 Kebumen sudah menyelenggarakan ekstrakurikuler Karawitan yang biasa tampil dalam acara perpisahan kelas 9. “Lomba merupakan salah satu cara untuk memotivasi siswa agar cinta Bahasa Jawa,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top