Honda

Honda
Jogja
  • Berita Terkini

    Jumat, 16 November 2018

    Jelang Natal, Harga Beras Merangkak Naik

    JAKARTA— Jelang Natal kenaikan harga pangan mulai terasa. Salah satu bahan yang terjadi kenaikan harga adalah beras. Kondisi itu akan coba diatasi Satgas Pangan Polri dengan memastikan ketersediaan stok beras di setiap daerah.


    Kasatgas Pangan Polri Irjen Setyo Wasisto menjelaskan, memang ada indikasi kenaikan harga beras medium. Kondisi itu perlu untuk segera diatasi bersama, sebab saat ini jelang natal dan tahun baru. ”Untuk itu perlu koordinasi dengan semua pihak, pemerintah dan asosiasi,” ujarnya.


    Semua elemen perlu untuk buka-bukaan atau koordinasi terkait pangan. sehingga, data yang dimilii ini sesuai dengan yang berada di lapangan. ”Data pangan ini harus clear dulu,” terang jenderal berbintang dua tersebut.


    `Menurutnya, bila berkooordinasi dengan baik, tentunya tidak aka nada masalah. Jangan sampai pihak pengusaha menyesal nantinya. ”Kalau Bareskrim sudah turun, malah merasa kemarin kok tidak koordinasi dengan baik,” urainya.


    Sementara Kabareskrim Komjen Arief Sulistyanto menuturkan bahwa jelang natal dan tahun baru ini permintaan pangan tentunya akan meningkat. Langkah pertama adalah memastikan ketersediaan stok pangan. ”serta kelancara distribusi,” paparnya.


    Dengan stok yang aman ini, tentunya akan menghindari gejolak harga pangan. Satgas Pangan akan berkoordinasi untuk ketersediaan dan distribusi pangan. ”Tapi bila ada penimbunan tentu akan lebih mudah diketahui. Kalau ketahuan akan kami tindak tegas,” terangnya.


    Sementara Setyo menambahkan bahwa pada 2017 pernah terjadi harga bawang di Nusa Tenggara Timur mencapai Rp 100 ribu. Hal itu terjadi karena distribusi bawang yang tersendat. ”Malah stok dan distribusi ini penting sekali,” jelasnya.


    Yang pasti, Satgas Pangan akan sekuat tenaga untuk menstabilkan harga pangan jelan natal dan tahun baru. ”Masyarakat tenang dan bisa memberikan informasi bila terjadi gejolak harga. Kami pasti selesaikan,” tuturnya. (idr)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top