HONDA DUO

  • Berita Terkini

    Rabu, 28 November 2018

    Hadapi Pemilu, Para Caleg Kebumen Ramai-ramai Berziarah di Tempat Keramat

    IMAM/ESKPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Berbagai upaya kerap dilaksanakan oleh para calon anggota legislatif  (caleg) agar hajatnya dapat berhasil. Ini mulai dari sosialiasasi kepada masyarakat hingga meminta barokah dengan berziarah di makam para wali. Di Kebumen Makam Syeh Baribin yang berada di Desa Grenggeng Karanganyar kerap menjadi rujukan para caleg.

    Bukan hanya dari Kebumen, beberapa calon anggota legislatif dari lain daerah, anggota legislatif propinsi dan pusat juga banyak yang berziarah di Makam Syeh Baribin. Di makam tersebut mereka melantunkan doa dan berdoa kepada Sang Pencipta agar hajatnya dapat terkabulkan.

    Juru Kunci makam Syeh Baribin, Romelan Atmo Suwito (70) saat ditemuai Ekspres di kediamannya mengemukakan, di tahun politik banyak calon legislatif yang berziarah di Makam Syeh Baribin. Kendati demikian hingga kini belum ada calon presiden yang berziarah ke makam tersebut. “Kalau caleg banyak yang ziarah, namun calon presiden belum,” tuturnya, Selasa (27/11/2018).

    Dijelaskannya, selain Syeh Baribin merupakan Waliyulloh, semasa hidupnya beliau juga merupakan negarawan. Dalam sejarahnya, Syeh Baribin mempunyai nama asli Joko Panular. Syeh Baribin merupakan anak ke 78 dari Prabu Brawijaya V. Dengan demikian Syeh Baribin merupakan saudara dari Raden Patah Raja Demak Bontoro. Syeh Baribin juga merupakan saudara dari Mbah   Lancing yang dimakamkan di Desa/Kecamatan Mirit. “Jangankan para caleg, calon kepala desa juga banyak yang berziarah,” paparnya.

    Makam Syah Baribin dipugar pada atau dibangun kembali pada pada tahun 1996 oleh Mulyono Gondowijoyo SH. Pada bukan Syakban, ribuan peziarah akan memadati kawasan tersebut. Bahkan setiap Bulan Syura selalu dilaksanakan Grebeg Syech Baribin. “Beliau (Syech Baribin) merupakan negarawan,” katanya.

    Semasa hidup, lanjut Romelan, Syeh Baribin mengembara untuk berdakwah Islam.  Beliau meninggal di Daerah Kroya dan sempat dimakamkan di sama. Namun setelah itu oleh salah satu muridnya jenazah Syeh Baribin kemudian dipindah dan dimakamkan di Grenggeng. Romelan juga berpesan kepada para peziarah agar senantiasa berdoa kepada Alloh SWT. “Saat ini bekas makam Syeh Baribin yang berada di Kroya juga masih  ada,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top