HONDA DUO

  • Berita Terkini

    Selasa, 02 Oktober 2018

    Ratusan Siswa SMP di Kebumen Peragakan Manasik Haji

    Saefur Rohman / Kebumen Ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sedikitnya 804 siswa SMP sederajat se Kabupaten Kebumen yang berada di bawah naungan lembaga pendidikan Muhammadiyah mengikuti kegiatan manasik haji yang digelar di  lapangan Desa Sidoarjo Kecamatan Sruweng, Sabtu (29/9/2018). Para siswa pun terlihat antusias mengikuti kegiatan ini.

    Adapun sekolah yang mengikuti yakni MTs Muh Al Kautsar Sruweng SMP MIBS Kebumen SMP Muhammadiyah 1 Kebumen, SMP Muhammadiyah 2 Kebumen, SMP Muhammadiyah 1 Gombong, SMP Muhammadiyah Sadang, SMP Muhammadiyah Karanganyar, SMP Muhammadiyah Sempor, SMP Muhammadiyah Kutowinangun, dan SMP Muhammadiyah Ayah.

    Para siswa yang duduk di kelas 9 itu mengenakan kain ihram serba putih. Mereka berjalan memutari kabah yang berada di tengah lapangan Desa Sidoarjo Kecamatan Sruweng sembari melantunkan doa Talbiyah "Labaik Allahumma Labaaik, labaaik Laa Syarika Laka Labaaik Inal Hamda Wan Ni’mata Laka Wal Mulka La Syarikalah" . Manasik dikemas seperti ibadah haji sesungguhnya.

    Ketua Panitia Triono SPdi, mengatakan kegiatan ini diselenggarakan oleh Tim panitia pelaksana MTs Muh Al Kautsar Sidoharjo Sruweng bertujuan untuk menambah ketakwaan kepada Allah SWT dengan mempelajari dan mempraktekkan secara langsung rukun islam yang ke lima yaitu ibadah haji dan tatacaranya dengan benar.

    Sekaligus mensyiarkan pendidikan Agama Islam di sekolah Muhammadiyah kepada masyarakat melalui kegiatan peragaan manasik haji. "Ini juga sebagai salah satu bentuk penilaian Ujian Sekolah pada mata pelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan," imbuhnya.

    Triono menambahkan, dari kegiatan manasik haji ini sebagai bentuk motivasi kepada siswa dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat nantinya dapat mengamalkan ilmu pendidikan islam yang didapat dari sekolah.  "Ini sekaligus untuk motivasi para siswa semoga nantinya dapat melaksanakan ibadah haji," ungkapnya. (Saefur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top